Kamis, 19 Mei 2022

Dinas Perdagangan Awasi Penjualan Minyak Goreng Satu Harga di Retail Modern

EKONOMI   Jan 24, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 308 Kali


id4084_Compress_20220124_220045_5337.jpg


CIKARANG PUSAT – Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi melakukan pengawasan terhadap pasar retail modern dalam menerapkan minyak goreng satu harga.

Langkah tersebut dilakukan agar pasar retail modern menjual harga minyak goreng per liter Rp 14 ribu sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan (Permendag).

Sebelumnya, minyak goreng satu harga tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 03 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Kebijakan ini mulai berlaku pada 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB.

“Kami terus melakukan pengawasan ke retail modern terkait kepatuhan mereka terhadap regulasi dan SOP yang sudah ditetapkan oleh Menteri Perdagangan,” ujar Kabid Pengendalian Barang Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Helmi Yenti, pada Senin (24/01/22).

Yenti mengatakan, kebijakan satu harga tersebut sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan minyak goreng dengan harga yang lebih terjangkau. 

Berdasarkan pantauan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, kebutuhan minyak goreng satu harga di pasar retail modern diharapkan dapat memenuhi kebutuhan minyak goreng warga Kabupaten Bekasi.

“Ya kami berharap untuk pasar retail modern yang ada di Kabupaten Bekasi, termasuk Alfamart dan Indomart dapat memenuhi kebutuhan warga akan minyak goreng,” ujarnya.

Dia juga berharap kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi borong atau membeli minyak goreng dengan jumlah berlebihan. Cara tersebut agar tidak menimbulkan panic buying di tengah masyarakat.

“Ya kami mengimbau agar masyarakat membeli minyak goreng dengan jumlah sewajarnya atau sesuai kebutuhan saja,” ujarnya.

Dia berharap, dengan peraturan menteri tersebut harga minyak goreng akan stabil di pasaran. Meskipun di pasar tradisional masih tinggi, tetapi sampai saat ini harga minyak goreng mengalami penurunan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bekasi dari Rp 20 ribu menjadi Rp 19 ribu. 

“Ya harapan kami harga minyak goreng normal kembali, dan nanti juga kebijakan ini akan dievaluasi terus, meskipun berlaku beberapa bulan. Insha Allah sudah ada efeknya, yaitu harga minyak goreng di pasar tradisional mulai turun perlahan,” katanya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Banyak Relaksasi, Forum UMKM Kecamatan Cibarusah Diharapkan Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi
EKONOMI   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Objek Wisata Danau Tambelang Mulai Menarik Perhatian Wisatawan
EKONOMI   May 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Ikan Bandeng Jadi Perhatian Khusus Disperindag
EKONOMI   Apr 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
MenKop UKM Teten Masduki Buka Bazar Mudik Lebaran 2022 di Rest Area 39A
EKONOMI   Apr 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Lebaran, Omset Penjualan Dodol Betawi di Kabupaten Bekasi Naik 50 Persen
EKONOMI   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik