Minggu, 28 November 2021

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi Akan Gelar Lomba Cipta Menu Bergizi

PEMERINTAHAN   Jun 16, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.209 Kali


56IMG_20210616_220633.jpg


CIKARANG PUSAT – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bekasi akan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bekasi tahun ini. Lomba tersebut bertujuan agar masyarakat lebih mengenal variasi menu makanan yang lebih sehat dan bergizi.

“Nanti akan kita gelar lomba cipta menu itu, lomba ini akan diikut dari ibu-ibu PKK di 23 kecamatan. Misalnya dari mereka ingin mengenalkan produk sop jagung, akan ditakar karbonya berapa, lemaknya berapa, jadi melibatkan ahli gizi di lomba ini,” jelas Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Risna pada kegiatan sosialisasi Lomba Cipta Menu B2SA yang digelar di Hotel Grand Zuri Jababeka pada Rabu (16/06).

Dia menjelaskan, lomba B2SA sebagai salah satu sarana sosialisasi ke masyarakat mengenalkan makanan yang memiliki gizi seimbang. Sampai saat ini, masih ditemukan beberapa kasus gizi buruk seperti stunting. 

“Lomba ini juga menjadi salah satu gerakan mencegah stunting. Gerakan makan sayuran sehat, karbo yang biasanya kita dapat dari nasi ya kita dapatkan dari menu lain yang lebih menyehatkan,” tambahnya. 

Selain itu, lomba ini juga diharapkan agar setiap individu seperti ibu rumah tangga dapat menyediakan menu keluarga dengan B2SA. Di lomba ini, nantinya peserta menyajikan menu makanan satu hari untuk tiga kali makanan untuk keluarga dalam bentuk display. 

Selain itu, pertimbangan dan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menerapkan konsumsi B2SA tetap menjadi penilaian. Dengan demikian prinsip konsumsi pangan B2SA diharapkan tidak berhenti hanya pada saat lomba saja, namun ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. 

“Kami berharap melalui lomba ini khususnya peserta dapat berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang, dan aman serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari dan bukan hanya lomba saja,” pungkasnya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.      : Tata Jaelani

 

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik