Kamis, 25 Juli 2024

Dibantu CSR, SDN Sukarapih 03 Disulap Jadi Sekolah Ramah Lingkungan

PENDIDIKAN   Nov 9, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.080 Kali


id8603_Compress_20231109_190638_8283.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan sekolah ramah lingkungan di SDN Sukarapih 03 Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang, pada Kamis (09/11/2023).

TAMBELANG - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengapresiasi bantuan CSR Kyobo Insurance bersama Yayasan Gugah Nurani Indonesia yang telah berhasil membangun ruang kelas ramah energi dan lingkungan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SDN Sukarapih 03, Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang.

Peresmian sekolah ramah lingkungan tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan pada Kamis (09/11/2023). 

Pj Bupati Dani Ramdan begitu antusias saat diajak berkeliling melihat area bangunan sekolah yang baru saja rampung direnovasi. Mulai dari ruang kelas, saung daur ulang, area bermain anak hingga lokasi green corner, tempat siswa belajar menanam dan merawat tumbuhan. 

"Saya sangat mengapresiasi program CSR dari Kyobo Korea Insurance yang difasilitasi oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia dalam bentuk pembangunan dan pengembangan sekolah ramah lingkungan (Eco Green School). Bangunan sekolahnya jadi rapih, bagus, dan ramah lingkungan. Terlihat dari tatakelola udara, cahaya, dan energinya menggunakan struktur yang ramah lingkungan," ungkapnya. 

Dani Ramdan melihat, desain bangunan gedung sekolah ramah lingkungan ini efektif untuk mengurangi pemakaian daya listrik selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Bagaimana pencahayaan yang masuk ke ruang kelas memaksimalkan kaca yang besar dan luas, juga lubang-lubang angin di sisi tembok kelas yang membantu sirkulasi udara yang ada, serta keberadaan solar cell di atap sekolah yang membantu pasokan listrik untuk kebutuhan kelas. 

"Aspek ini juga sebagai bentuk penanaman terhadap anak-anak kita supaya budaya ramah lingkungan ini menjadi karakter bagi anak-anak di sekolah ini yang nanti akan terbawa sampai dewasa," ungkapnya.

Ia juga berharap, kedepan melalui kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, sekolah ramah lingkungan serupa dapat menjadi role model dan diterapkan oleh sekolah-sekolah lain di sekelilingnya.

"Kalau bangunannya belum, barangkali karena harus bertahap, minimal ada kegiatan ramah lingkungannya yaitu pengolahan sampah, pengolahan air kotornya, juga cara sekolah ini menjaga kebersihan misal dengan piket untuk anak-anak yang sesuai dengan umurnya supaya mereka terbiasa," imbaunya. 

Ditempat yang sama, Camat Tambelang Cecep Supriyadi, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu renovasi gedung sekolah SDN Sukarapih 03 sehingga menjadi lebih baik dan nyaman untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar siswa dan guru. 

"Selain kegiatan daur ulang limbah yang berdampak positif terhadap lingkungan, sarana prasarana seperti buku, meja dan bangku juga menjadi faktor pendukung untuk kegiatan belajar mengajar, dan alhamdulillah kemarin dari Dinas Perpustakaan sudah memberikan bantuan, sehingga hari ini kita lihat kolaborasi dari seluruh dinas, seluruh unsur dapat terwujud di SDN Sukarapih 03 ini," jelasnya

Reporter : Arif Tiarno

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

MUI bersama Pemkab Bekasi Buka Pendidikan Kader Ulama Jilid II Konsentrasi Ahli Hadits Berbasis IT
PENDIDIKAN   Jul 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Didik Generasi Berahlak Mulia, Dani Ramdan Sampaikan Terimakasih kepada Guru Agama
PENDIDIKAN   Jul 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Umumkan 2.068 Orang Daftar Beasiswa Bantuan Pendidikan Pintar
PENDIDIKAN   Jul 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kesbangpol Berikan Penghargaan Sekolah Juara LKBB ke-23
PENDIDIKAN   Jul 3, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bantuan Pendidikan Pintar, Nawawi Al-Aksi Apresiasi Pemkab Bekasi Dorong Pemuda Raih Gelar Sarjana
PENDIDIKAN   Jul 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik