Rabu, 19 Juni 2024

Cegah Stunting, Puskesmas Pebayuran Siapkan Inovasi Unggulan Sambel Lada

PEMERINTAHAN   May 22, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 151 Kali


id9744_Compress_20240522_205328_8867.jpg
Cegah Stunting, Puskesmas Pebayuran Siapkan Inovasi Unggulan Sambel Lada

PEBAYURAN - Dalam upaya pencegahan dan mempercepat penurunan stunting, Puskesmas Pebayuran menyiapkan inovasi unggulan, dengan meluncurkan program inovasi bernama Sambel Lada (Stunting Akan Musnah Bersama Elemen Lintas Sektor, Langkah Amankan Daerah Pebayuran).

Kepala UPTD Puskesmas Pebayuran, Umar Iskandar mengatakan, program Inovasi Sambel Lada ini merupakan wujud dan komitmen bersama yang bertujuan untuk menciptakan dan melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas agar terhindar dari stunting di masa depan. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin terhadap remaja putri, supaya dapat melahirkan anak dengan pertumbuhan yang maksimal ketika menjadi ibu.

"Dimulai dari pemilihan calon pasangan pengantin dengan melakukan pemeriksaan kesehatannya dan pemberian imunisasinya. Kemudian setelah menikah melakukan pemeriksaan kehamilannya sampai melahirkan dan setelah lahir diberikan makan dan minumnya sesuai dengan porsinya, disarankan seperti diberikan ASI," ujar Kepala UPTD Puskesmas Pebayuran Umar Iskandar pada Rabu (22/05/2024).

Dirinya juga menjelaskan, mengatasi stunting pada anak merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh elemen lintas sektor, terutama masyarakat itu sendiri agar stunting dapat teratasi secepat mungkin. Mengingat penanggulangan stunting menjadi salah satu target utama Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam penurunannya.

"Tentu itu tidak mudah, perlu adanya kerjasama dari semua elemen lintas sektor. Dimulai dari pasangan itu sendiri, RT/RW, desa atau kelurahan, kecamatan dan elemen lintas sektor lainnya terutama pada masyarakat secara umum agar ke depannya stunting bisa teratasi," jelasnya.

"Alhamdulillah hubungan kami sangat erat dengan semua lintas sektor dan kita bergandengan dengan semuanya dalam penanggulangan stunting ini," tambahnya.

Melalui kolaborasi lintas sektor, diharapkan dengan hadirnya inovasi Sambel Lada ini, bisa sesegera mungkin menekan angka stunting di wilayah Pebayuran. Sehingga, nantinya bisa berjalan sesuai target dan harapan yakni zero stunting atau nol stunting.

"Mudah-mudahan secepatnya ya, kita terus berupaya supaya di wilayah Pebayuran ini zero stunting. Dengan adanya inovasi ini semoga bisa tercapai," tandasnya.

Reporter : Refki Maulana
Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Tunaikan Ibadah Haji, Dani Ramdan Doakan Kabupaten Bekasi Saat Wukuf di Arafah
PEMERINTAHAN   Jun 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna Serahkan Hewan Qurban di Ponpes At-Taqwa Babelan
PEMERINTAHAN   Jun 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Edukasi Cegah Stunting, Camat Serang Baru Apresiasi Program Kampus Bakti dari Universitas Paramadina
PEMERINTAHAN   Jun 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik