Sabtu, 29 Januari 2022

BUMDes Ciledug Perluas Unit Usaha dengan Maksimalkan Potensi Wisata

EKONOMI   Dec 20, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 636 Kali


id3890_IMG_20211220_212932.jpg


SETU - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ciledug Kecamatan Setu memperluas jaringan usaha dengan memaksimalkan potensi wisata yang ada agar pemberdayaan masyarakat dapat lebih berkembang.

Kepala Desa Ciledug, Iing Solihin mengatakan, pihaknya melalui BUMDes terus melakukan penataan potensi wisata di wilayahnya dengan dukungan penuh dari masyarakat.

"Iya kami melihat banyak yang dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Untuk itu fokusnya saat ini adalah penataan sesuai konsepnya sebelum kita menggali potensi ekonominya karena progresifnya seperti itu," ucap Iing Solihin, Senin (20/12/21).

Dirinya juga menjelaskan, sejauh ini dukungan masyarakat terhadap perluasan jaringan BUMDes ini cukup besar. Nantinya jika prosesnya berjalan lancar maka muncul ketertarikan masyarakat secara luas untuk berwisata ke tempat tersebut sehingga mampu mendongkrak pemberdayaan masyarakat di sekitarnya.

"Efek domino dari hadirnya BUMDes ini kan dapat menghidupkan dan mengembangkan ekonomi warga sekitar, dimana mereka dapat berjualan, lalu ada pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaannya," katanya.

Ketua BUMDes Ciledug, Gunawan menambahkan, BUMDes yang dikelolanya tadinya adalah usaha grosir saldo elektrik kemudian saat ini sedang bertransformasi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Menurutnya, dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada di desa sendiri maka tujuan dari adanya BUMDes juga dapat dirasakan oleh masyarakat dan desa itu sendiri.

"Tujuan BUMDes kan memajukan perekonomian desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Jadi saya rasa perluasan jaringan BUMDes ini sudah sangat tepat," ujarnya.

Adapun lokasi dari BUMDes Ciledug terletak di sekitar Danau atau Situ Kampung Burangkeng RT 04/07 Desa Ciledug.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Camat Karangbahagia Dorong Wilayahnya Menjadi Basis Produksi Pertanian
EKONOMI   Jan 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perdagangan Awasi Penjualan Minyak Goreng Satu Harga di Retail Modern
EKONOMI   Jan 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Update Harga Sembako di Kabupaten Bekasi, Senin 24 Januari 2022
EKONOMI   Jan 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Nagasari Dorong BUMDes Jalin Kerjasama dengan Kawasan Industri
EKONOMI   Jan 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibarusah Apresiasi Produk UKM Cibarusah Tembus Pasar Singapura
EKONOMI   Jan 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik