Selasa, 18 Juni 2024

Bojongmangu, Sentra Penghasil Bambu Terbesar di Kabupaten Bekasi

EKONOMI   Jul 16, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 25.925 Kali


8IMG-20200716-WA0009.jpg


BOJONGMANGU - Kecamatan Bojongmangu merupakan sentra penghasil bambu terbesar di Kabupaten Bekasi. Hampir separuh lahan di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor ini dipenuhi kebun bambu yang tumbuh secara alami. 

Ada enam desa di Kecamatan Bojongmangu, yaitu Desa Medalkrisna, Sukabungah, Sukamukti, Bojongmangu, Karang Indah dan Karangmulya. 

"Dari enam desa di Kecamatan Bojongmangu semuanya penghasil bambu, tapi yang paling banyak sepertinya di Desa Bojongmangu," kata Sekdes Bojongmangu, Pandi Achmadi, saat ditemui di kantornya, Kamis (16/07/20).

Pandi mengatakan, sejak dulu pohon bambu merupakan salah satu sumber penghasilan warga selain pertanian,  yang dipanen satu atau dua kali dalam setahun. Tapi sejauh ini masyarakat baru mengandalkan bambu yang dijual langsung dari kebun sehingga nilai ekonominya tidak begitu besar. 

"Harganya kalau dijual langsung dari kebun paling sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 perbatang, tergantung kualitasnya. Kalau sudah di pengepul harganya bisa Rp 10.000 perbatang," ujarnya. 

Pandi berharap, ke depan masyarakat di desanya bisa mengolah bambu menjadi komoditi yang mempunyai nilai ekonomi lebih mahal setelah diolah menjadi barang kerajinan atau sejenisnya. 

"Dulu pernah ada pelatihan kerajinan bambu untuk warga dari Balitbang, tapi karena ada Covid jadi tertunda. Saya berharap program pelatihan ini dilanjutkan, sekaligus ada pendampingan untuk permodalan dan pemasarannya," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Komunitas Wisata Bojongmangu, Ayong mengaku bangga daerahnya menjadi penghasil bambu terbesar di Kabupaten Bekasi, bahkan  dikirim ke luar daerah. Tapi dirinya berharap ada potensi lain yang bisa dikembangkan dari banyaknya hutan bambu di Bojongmangu ini untuk pengembangan wisata dan ekonomi kreatif dari kerajinan bambu.

"Di sini juga banyak anak muda kreatif yang bisa membuat kerajinan atau souvenir dari bambu. Kalau dipadukan dengan wisata hutan bambu misalnya,  pasti akan lebih menarik lagi. Mudah-mudahan ke depan ada dukungan dari berbagai pihak, supaya Bojongmangu bisa menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Bekasi," pungkasnya. 

Reporter : Muh Ikbal
Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bernilai Ekonomi Tinggi, Warga Pesisir Muaragembong Kembangkan Budidaya Ikan Air Payau
EKONOMI   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik