Senin, 04 Juli 2022

Banyak Relaksasi, Forum UMKM Kecamatan Cibarusah Diharapkan Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi

EKONOMI   May 18, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 4.734 Kali


id4758_Compress_20220518_112947_7789.jpg
Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi

CIBARUSAH - Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Cibarusah mengambil momentum relaksasi pasca pandemi Covid-19, melalui berbagai program pemulihan ekonomi. Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terpukul di tengah pandemi. Lesunya dunia UMKM sangat berdampak besar karena segmen ini memiliki serapan tenaga kerja dan investasi cukup tinggi.

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi mengatakan, Forum UMKM Cibarusah harus menjadi motor penggerak dan pemacu semangat bagi seluruh pelaku UMKM yang ada di Cibarusah untuk sama-sama menyongsong kebangkitan ekonomi.

"Iya, dengan banyaknya relaksasi dan kebijakan yang semakin mendukung ke arah kebangkitan ekonomi, saya berharap Forum UMKM Kecamatan Cibarusah menjadi pendorong agar para pelaku UMKM dapat kembali menggerakkan roda perekonomiannya," ucap Kurnaepi yang juga menjabat sebagai Pembina Forum UMKM Cibarusah, pada Selasa (17/05/22).

Kurnaepi juga mengapresiasi program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Forum UMKM Kecamatan Cibarusah dengan memanfaatkan berbagai momen dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan manajemen bagi para pelaku UMKM agar dapat bersaing dan berkembang di pasar yang jauh lebih besar.

"Sejauh ini kegiatan dan program yang dijalankan sudah sangat baik, kita mengadakan pelatihan, bantuan pembuatan NIB, serta mengakomodir para pelaku UMKM untuk terlibat di berbagai acara bazar baik tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga nasional," katanya.

Dirinya pun mendorong agar Forum UMKM di wilayahnya juga membantu pelaku UMKM di Kecamatan Cibarusah untuk menjangkau ranah digitalisasi dengan menyasar ke pasar online lewat berbagai platform jual beli yang tersedia, mengingat ruang digital yang bisa diakses oleh setiap orang di banyak tempat dapat mempermudah sistem transaksi dengan jangkauan pemasaran yang jauh lebih luas.

“Digitalisasi UMKM harus terus ditingkatkan mengingat sebagian besar penduduk Indonesia telah melakukan transaksi secara digital dengan nilai ekonomi yang tinggi. Maka perkembangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan dari para pelaku UMKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kurnaepi juga berharap agar Forum UMKM ini mampu menjadi media gotong-royong atau saling menguatkan antar pelaku UMKM di Kecamatan Cibarusah. Bahkan dirinya juga berharap agar adanya pusat oleh-oleh khas UMKM Kecamatan Cibarusah sebagai tempat pemasaran yang paten bagi para pelaku usaha.

"Saya berharap Forum UMKM ini dapat bermanfaat melalui programnya misalnya, adanya bantuan modal. Saya juga berharap agar produk-produk UMKM kita memiliki tempat khusus sebagai sarana pemasaran dan penjualan, bahkan mungkin kedepan kita masukan produk kita ke sekolah, pesantren dan lainnya," tambahnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Komitmen Dukung Produk UMKM, Pemkab Bekasi Gelar Bazar Batik Seraci
EKONOMI   Jul 1, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dunia Industri Dukung Pencapaian Program 100 Hari Kerja Pj Bupati Bekasi
EKONOMI   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Bojongmangu Alami Kenaikan Harga
EKONOMI   Jun 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Dani Ramdan Apresiasi UMKM Juara Kabupaten Bekasi 2022
EKONOMI   Jun 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, TP PKK Kecamatan Cabangbungin Gelar Festival UMKM
EKONOMI   Jun 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik