Senin, 27 Mei 2024

Bantu Korban Banjir, PMI Kabupaten Bekasi Rujuk Balita dan Kirimkan Logistik

SOSIAL   Feb 25, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.266 Kali


id6731_Compress_20230225_004824_4937.jpg


CIBITUNG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melalui Tim Posko PMI Kabupaten Bekasi memberikan respon cepat terkait kejadian bencana banjir yang diakibatkan dari tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir. 

Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Akhmad Kosasih mengatakan, berdasarkan hasil assesment diketahui beberapa wilayah yang terendam banjir pada Jumat (24/02/23), diantaranya, Kp. Ulu Kecamatan Cikarang Utara, Puri Nirwana Residence, Kecamatan Karang Bahagia, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara, Puri Cikarang Hijau, Kecamatan Cikarang Utara, dan Kartika Wanasari, Kecamatan Cibitung.

"PMI Kabupaten Bekasi mengirimkan dua unit mobil ambulans dan memberikan bantuan pelayanan kepada warga terdampak banjir. Diantaranya, mengantarkan seorang balita usia 2 tahun dari rumahnya, untuk dirujuk ke Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang," ucap Kosasih.

Tingginya curah hujan dengan durasi yang lama mengakibatkan beberapa daerah dilanda banjir dengan tinggi muka air bervariatif mulai dari 40 hingga 180 cm.

"Ya, kita lakukan pendistribusian bantuan keperluan masyarakat khususnya logistik yang diserahkan di lokasi pengungsian maupun dapur umum yang telah disediakan," katanya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Meyliany menyebutkan, hingga Jumat malam Tim Posko PMI Kabupaten Bekasi masih terus melakukan pendistribusian bantuan logistik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir.

"Beberapa wilayah yang sudah kita kirimkan bantuan logistik diantaranya, Kecamatan Babelan kita distribusikan berupa, Sarden sebanyak 600 pcs, Mie Instan sebanyak 960 pcs, beras 5 kg sebanyak 100 karung, dan minyak sayur sebanyak 48 pouch," terangnya. 

Selain itu, lanjut Meyliany, pihaknya juga memberikan bantuan untuk korban banjir di Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara, berupa sarden sebanyak 300 pcs, mie instan sebanyak 480 pcs, dan beras 5 kg sebanyak 50 karung. 

"Bantuan yang sama juga kita, distribusikan untuk warga terdampak banjir di Desa Tanjungsari Cikarang Utara," katanya. 

Meyliany menuturkan, penanganan banjir yang dilakukan PMI Kabupaten Bekasi, dilakukan bersinergi dengan BPBD, Dinas Sosial, TNI/Polri, dan pemerintahan setempat. 

"Hingga saat ini Relawan PMI masih terus melakukan pendistribusian logistik di wilayah yang terkena banjir, semoga kondisinya cepat surut dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing-masing," ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Hadiri Rakor DPD KNPI
SOSIAL   May 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Peletakan Batu Pertama Enam Rumah Ibadah
SOSIAL   May 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Penyebaran DBD, Karang Taruna Desa Wibawamulya Lakukan Fogging
SOSIAL   May 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinkes Kabupaten Bekasi Upayakan Cegah Thalasemia Sejak Dini
SOSIAL   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Lindungi Relawan Kebencanaan dengan BPJS Ketenagakerjaan
SOSIAL   May 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik