Selasa, 05 Maret 2024

8.317 Pantarlih Pemilu di Bekasi dilantik serentak

UMUM   Feb 13, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.530 Kali


id6642_WhatsApp Image 2023-02-13 at 16.54.46(1)-min.jpeg
PELANTIKAN : Sebanyak 8.317 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) resmi dilantik secara serantak ditiap Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

CIKARANG PUSAT -- Sebanyak 8.317 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) resmi dilantik secara serantak ditiap Kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Dengan begitu, KPU Kabupaten Bekasi berharap agar Pantarlih yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

"Alhamdulillah kemarin sudah dilantik oleh PPS dimasing-masing desa, serentak diwilayah kecamatan masing-masing.  Semoga mampu mengemban tugas dan amanah dengan baik," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin, saat di konfirmasi, Senin (2/13/2023).

Ia menjelaskan, proses penyusunan daftar pemilih akan dilakukan oleh Pantarlih. Hal itu, kata dia, merupakan salah satu tahapan yang paling krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilu 2024.

"Untuk itu, Pantarlih sebagai ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih harus mampu menjalankan tugas coklit dengan cermat dan penuh tanggung jawab," tegasnya.

Setelah pelantikan, lanjut Jajang, petugas Pantarlih segera melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat serta perangkat RT/RW setempat sebelum dan selesai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Segenap petugas Pantarlih juga diwajibkan memakai atribut resmi berupa rompi, topi, serta tanda pengenal yang diterbitkan KPU Kabupaten Bekasi saat menjalankan tugas.

“Kami sudah menginstruksikan agar segera melakukan komunikasi dengan RT RW dan tokoh masyakat,” tambahnya.

Jajang menjelaskan, dari jumlah 8.317 petugas Pantarlih tersebar di 187 desa dan kelurahan. Jumlah petugas tersebut berkurang 32 orang setelah dilakukan restrukturisasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Meski begitu, Dia mengaprersiasi pada warga yang secara tulus bergabung sebagai penyelenggara Pemilu dengan tujuan menyukseskan Pemilihan Umum 2024.

"Sebelumnya dari hasil pemetaan terdapat 8.349 TPS namun setelah dilakukan restrukturisasi berkurang 32 TPS sehingga ada pengurangan jumlah Pantarlih yang dilantik," katanya.

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Monitoring Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024
UMUM   Feb 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan Serahkan Santuan BP Jamsostek kepada Ahli Waris Petani
UMUM   Jan 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadir di Car Free Day Meikarta, KPU Kabupaten Bekasi Sosialisasi Pemilu 2024
UMUM   Jan 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
KOLABORASI DENGAN KPU BERSAMA DISKOMINFOSANTIK BERIKAN MATERI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL
UMUM   Dec 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Dia Para Juara Lomba Inovasi dan Teknologi Expo Kabupaten Bekasi 2023
UMUM   Nov 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik