Selasa, 18 Juni 2024

Wujudkan PHBS, Dinkes Gelar Lomba Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Bekasi

PENDIDIKAN   May 23, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 938 Kali


id7278_Compress_20230523_202000_0512.jpg


CIKARANG PUSAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Dokter Kecil yang didelegasikan dari 46 Puskesmas se-Kabupaten Bekasi.

Lomba yang diikuti 92 peserta siswa Sekolah Dasar itu berlangsung di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Cikarang Pusat, pada Selasa, (23/05/2023).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata menyampaikan, para peserta yang aktif UKS di setiap Sekolah Dasar ini diharapkan bisa menjadi anak yang bisa menjaga pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, baik untuk diri sendiri, lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

"Kemudian bisa menjadi panutan di lingkungan sekolah ataupun di masyarakat, bisa menjadi teladan dalam hal kesehatan, diharapkan juga bisa mengobati saat sakit, baik itu diri sendiri maupun teman sekolah," ungkapnya. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Bekasi, Masrikoh menambahkan perilaku hidup bersih dan sehat ini mesti ditanamkan sejak dini di masyarakat. Salah satunya melalui program dokter kecil.

Selain itu, perlombaan juga digelar untuk menjaring mereka yang berbakat dan terbaik di tingkat Kabupaten Bekasi untuk menjadi peserta lomba di tingkat provinsi maupun nasional dalam lomba serupa.

"Karena program ini juga, program nasional. Jadi kita sekarang menjaring yang bagus dan berbakat, yang disiapkan untuk lomba tingkat nasional, sudah ditunjuk siapa yang mewakili Kabupaten Bekasi," jelasnya.

Masrikoh menuturkan, usai perlombaan, para siswa Sekolah Dasar yang mengikuti akan terus dibina oleh Puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah sekolahnya.

"Jadi ini program kerjasama antara Puskesmas yang memiliki program pelayanan Ausrem (Anak Usia Sekolah dan Remaja), khususnya di UKS-nya, jadi bekerjasama dengan guru UKS," terangnya. 

Perlombaan ini, sambungnya, mengundang 46 Puskesmas, dengan menjaring 2 siswa tiap perwakilan Puskesmas.

"Ya jadi semua Puskesmas, nanti yang terjaring dari sana kita lihat dari seleksi ini," katanya.

Dia berharap acara yang didukung oleh CSR PT Astra Honda Motor tersebut, bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti. Khususnya untuk Kabupaten Bekasi. 

"Semoga bisa membawa nama baik Kabupaten Bekasi, supaya anak-anak pelajar kita paham akan PHBS, karena keberhasilan kesehatan itu mulai dari PHBS," ujarnya.

Keluar sebagai juara pada Lomba Dokter Kecil ini, Juara 1, dari perwakilan SDS Don Bosco 3, Juara 2 SDIT Fitrahhaniah, dan Juara 3, SD Islam Luqmanul Hakim.

Reporter : Fajar CQA

Editor       : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Edukasi Bahaya Narkoba, BNK Bekasi Kunjungi YPIT Al-Luthfah Cikarang Selatan
PENDIDIKAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi Resmi Jadi Ormas Terdaftar di Kesbangpol
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Pelepasan dan Wisuda Santri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Cikarang
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Resmi Luncurkan Fitur PPDB Online Lewat Aplikasi Bebunge
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Warga Sekitar dan Kurang Mampu, Pemkab Bekasi Tambah Kuota Zonasi PPDB Jadi 80 Persen
PENDIDIKAN   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik