Rabu, 10 Agustus 2022

Wisata Sunge Jingkem Raih Penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

UMUM   Jan 11, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.262 Kali


id3983_Compress_20220111_200255_5419.jpg
Obyek wisata Sunge Jingkem Kampung Sembilangan Desa Samudera Jaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi

TARUMAJAYA – Wisata Sunge Jingkem yang terletak di Kampung Sembilangan Desa Samudera Jaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi berhasil menorehkan penghargaan bergengsi yang diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ketua Pokdarwis Wisata Sembilangan Bahari, Heriansyah mengatakan, Eco Wisata Sunge Jingkem masuk dalam kategori Destinasi Wisata Berkembang yang secara langsung ditinjau oleh tim dari Kemenparekraf RI hingga akhirnya Wisata Sunge Jingkem berhasil menyabet penghargaan tingkat nasional tersebut.

“Jadi awalnya tim dari Kemenparekraf ini membawa surat kalau Sunge Jingkem ini masuk dalam nominasi dari beberapa destinasi wisata se-Indonesia, namun sayangnya Pak Menteri Sandiaga Uno batal untuk hadir secara langsung karena ada beberapa pertimbangan,” kata Heri, Selasa (11/01/22).

Heri pun mengaku puas dengan penghargaan yang didapat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut. Hal itu menandakan bahwa wisata asli Kabupaten Bekasi yang mulanya dibangun seadanya secara swadaya, ternyata mampu mengharumkan nama Kabupaten Bekasi, khususnya Kecamatan Tarumajaya dan Desa Samudera Jaya diakui sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

“Alhamdulillah, kita membangun Wisata Sunge Jingkem ini dengan hati dan loyalitas yang tinggi. Kita tidak melihat bahwa ini akan menjadi profit bagi kita saja melainkan untuk masyarakat secara luas. Efek dominonya yang saat ini sama-sama kita rasakan, perputaran roda ekonomi di pesisir utara Kabupaten Bekasi nyatanya mampu meningkat,” katanya.

Lebih jauh, sepak terjang Eco Wisata Sunge Jingkem juga turut terlibat dalam perlombaan yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dirinya menjelaskan, bahwa Wisata Sunge Jingkem dibina oleh PT PJB Muara Tawar yang kemudian mengikutsertakan Wisata Sunge Jingkem di ajang perlombaan tersebut.

“Kita juga ikut serta dalam perlombaan yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kita calon Proper Emas di tahun 2022. Iya mudah-mudahan kita bisa menang karena saingan kita dengan binaan BUMN yang lain,” ujarnya.

Heri juga berharap agar destinasi Wisata Sunge Jingkem mampu menjadi ikon wisata Kabupaten Bekasi yang mampu menghadirkan keindahan alam secara alami sehingga Kabupaten Bekasi menjadi rujukan wisata bagi masyarakat lokal maupun dari luar daerah.

“Kami berharap Kabupaten Bekasi punya wisata unggulan yang bisa dibanggakan di kancah nasional dan internasional. Kami juga berharap dengan terjalinnya kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah dapat memajukan daerah kami melalui potensi wisata yang ada,” terangnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Ini Dia Kriteria Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kampung Sempu Wakili Kecamatan Cikarang Pusat di Tingkat Kabupaten
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Apindo Minta Setiap Perusahaan Terapkan UU TPKS
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawaslu Kabupaten Bekasi Sosialisasi Pengelolaan Kehumasan dan Informasi Publik
UMUM   Jul 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Targetkan Juara Umum POPDA, 75 Atlet Pelajar Kecamatan Kedungwaringin Siap Tampil Maksimal
UMUM   Jul 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik