Rabu, 16 Juli 2025

Tingkatkan Layanan Pengaduan Warga, Pemkab Gelar Rakor SP4N-LAPOR

PEMERINTAHAN   Mar 16, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.417 Kali


id4366_IMG_20220317_110758.jpg


CIKARANG UTARA - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) yang berlangsung di Hotel Swiss-Belinn, Cikarang Utara, Rabu (16/3). 

Dalam rakor ini, Asisten Administrasi Umum, Edi Rochyadi, meminta kepada perangkat daerah agar lebih meningkatkan dan responsif dalam mengelola laporan dari masyarakat.

"Saya minta semua laporan yang ada di masing-masing perangkat daerah, agar direspon secara cepat untuk ditindak lanjuti. Jika laporan itu bersifat perbaikan, maka harus dilakukan perbaikan sehingga masyarakat bisa terlayani terhadap aduan yang disampaikan," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun admin daerah Pemkab Bekasi, tindak lanjut pengelolaan laporan pada aplikasi LAPOR di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah mencapai diatas 60 persen, dengan aspirasi yang paling banyak dari masyarakat yakni dari segi kependudukan, kesehatan dan infrastruktur. 

"Data yang saya terima dari laporan panitia penyelenggara, pada tahun lalu ada beberapa perangkat daerah yang sangat disiplin dalam menjawab keluhan masyarakat, namun ada juga perangkat daerah yang belum mengelola LAPOR secara maksimal. Oleh karena itu, saya meminta kepada semua perangkat daerah agar dapat meningkatkan keaktifan dalam mengelola aplikasi LAPOR," ucapnya. 

Lebih lanjut, Edi menambahkan bahwa di era global saat ini, media sosial menjadi kanal yang lebih mudah untuk menyebarkan segala hal yang dirasakan oleh masyarakat terhadap pembangunan, khususnya di Kabupaten Bekasi. 

Karena menurutnya melalui media sosial mereka merasa lebih didengar, untuk itu melalui adanya aplikasi SP4N Lapor ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya secara langsung kepada pemerintah.

Rakor tersebut dipimpin oleh Sub Koordinator Bidang Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bekasi, Rhamdan Nurul Ikhsan sebagai moderator, serta menghadirkan narasumber Analis Pengaduan Masyarakat dari Kemenpan RB, Alfian Afan Ghafar, dan Hadi Kusmarani dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat. (Prokopim Pemkab Bekasi).

 

Berita Lainnya

Wabup Asep : Puskesmas Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
PEMERINTAHAN   Jul 15, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Targetkan Kepesertaan BPJS Kesehatan Capai 100 Persen
PEMERINTAHAN   Jul 15, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Siap Jalankan Program Cek Kesehatan Gratis di Sekolah dan Pesantren
PEMERINTAHAN   Jul 15, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jambore Adiwiyata, DLH Kabupaten Bekasi Edukasi Siswa Cara Mengolah Sampah Organik
PEMERINTAHAN   Jul 14, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kembali Hadir di Wilayah Utara, Warga Muaragembong Antusias Manfaatkan Layanan Botram
PEMERINTAHAN   Jul 12, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik