Rabu, 24 April 2024

Sebanyak 3.400 Balita Mendapatkan Asupan Vitamin A

SOSIAL   Feb 28, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 248 Kali


id9216_WhatsApp Image 2024-02-28 at 20.19.46.jpeg
VITAMIN : Puskesmas Kedungwaringin saat melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A gratis pada balita rentang usia 6 - 59 bulan di bulan Februari. foto Refky Maulana

KEDUNGWARINGIN - Sebanyak 3.400 balita di wilayah kerja Puskesmas Kedungwaringin menjadi sasaran pemberian Vitamin A gratis di Februari 2024. Sasaran tersebut berasal dari 4 desa antara lain Desa Kedungwaringin, Desa Bojongsari, Desa Karangmekar dan Desa Mekarjaya.

Kepala Puskesmas Kedungwaringin, Ahmad Hidayat menyampaikan, adapun pemberian Vitamin A pada bayi terdiri dari dua jenis dosis, yakni Vitamin A warna biru yang diberikan kepada sasaran bayi usia 6 sampai 11 bulan dosis 100.000 IU. Sedangkan Vitamin A warna merah diberikan kepada bayi rentang usia 12 bulan hingga 59 bulan (5 tahun) dengan dosis 200.000 IU.

Selain itu, dirinya memastikan, semua balita di Februari ini mendapatkan Vitamin A sehingga berhasil mencapai 100 persen sesuai target yang ditetapkan. Pencapaian tersebut sama halnya dengan keberhasilan seperti tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah karena memang target kita adalah 100 persen, diperkirakan saat ini sudah mencapai 95 persen. Ini sudah tinggal menunggu data berikutnya dan saya yakinkan bisa tercapai 100 persen sesuai target," ujarnya pada Rabu (28/02/2024).

Ahmad menjelaskan, pemberian Vitamin A dilaksanakan di setiap Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kedungwaringin. Selain itu, pihaknya juga melakukan sweeping atau door to door guna memastikan pemberian Vitamin A pada balita dapat tersalurkan secara menyeluruh.

"Memang ada beberapa faktor yang menjadi kendala di lapangan, misalnya ada musim hujan, kondisi anak yang sedang sakit, atau adanya keperluan orangtua yang mendesak. Tapi, terlepas dari semua kendala itu, alhamdulillah kita semua proaktif di Posyandu dan memonitor langsung dari sasaran tersebut, sehingga kita mencoba memaksimalkan program ini," tambah dia.

Pencapaian ini, kata dia, tak lepas berkat adanya sinergi dan kerjasama melalui peranan berbagai elemen lintas sektor yang turut mendukung dan mensukseskan program ini.

"Sesungguhnya Vitamin A itu sangatlah penting bagi anak Balita mulai sedini mungkin, terutama untuk organ penglihatan atau kesehatan mata, pertumbuhan tubuh, kesehatan sistem reproduksi, dan menunjang sistem kekebalan tubuh," tuturnya.

Dirinya berharap, melalui pemberian Vitamin A di Februari ini, seluruh Balita dapat memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehat, serta terhindar dari ancaman penyakit.

"Harapan kami seluruh balita terbebas dari penyakit mata dan terutama mencegah terjadinya angka kebutaan," tandasnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Wamen ATR/BPN Serahkan 50 Sertipikat Wakaf di Kabupaten Bekasi
SOSIAL   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Bantuan PJU dan Sembako Lebaran dari CSR PT. Hankook Tire Indonesia
SOSIAL   Apr 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Apresiasi PT. Coca-Cola Atas Komitmen Kesejahteraan Para Pegawai
SOSIAL   Apr 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
“Ngaji Ekologi" Penghayatan Dampak Lingkungan Pesisir
SOSIAL   Apr 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Santunan 1000 Anak Yatim di Masjid Al-Azhar Jababeka
SOSIAL   Mar 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik