Rabu, 19 Juni 2024

RPJPD Diharapkan Jadi Bekal Para Calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Susun Visi Misi

PEMERINTAHAN   Jun 10, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 428 Kali


id9852_WhatsApp Image 2024-06-10 at 21.09.22.jpeg
Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi, Agus Budiono.

CIKARANG PUSAT - Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi, Agus Budiono mengemukakan Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah intensif menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2025-2045. Penyusunan ini merupakan agenda nasional yang dilakukan seluruh pemerintah daerah.

"RPJPD saat ini sudah masuk rancangan akhir ya, sekarang lagi proses revisi inspektorat. Itu kita targetkan akhir Juni kita sampaikan ke DPRD untuk dibahas Raperda-nya," jelasnya di kantornya, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Senin (10/06/2024).

Agenda nasional RPJPD ini sambungnya, dikarenakan tahun 2024 menjadi tahun Pemilu sekaligus Pilkada serentak maka RPJPD di tiap daerah akan diselaraskan dengan Rencana  Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 yang mengusung visi Indonesia Emas.

Hal penting lainnya berkaitan dengan keselarasan dokumen perencanaan di level daerah, jelasnya, dia mengharapkan agar mereka yang akan berlomba diajang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi untuk bisa mengkaji RPJPD tersebut yang ditetapkan targetnya pada Agustus 2024.

Agus menuturkan, saat ini pihaknya juga tengah merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah teknokratik yang sifatnya sementara sambil menunggu nantinya program visi misi kepala daerah hasil Pilkada 2024 yang masuk ke dalam RPJMD yang ditetapkan selama 5 tahun kepemimpinannya. Pendekatan teknokratik ini beroperasi dengan pendekatan ilmiah, evaluasi dan sebagai dasar dari visi misi para calon kepala daerah.

"Jadi teknokratik itu rancangan awal dengan pendekatan teknokrat. Jadi istilahnya ilmiahnya-lah kita di birokrat. Tapi itu tidak ditetapkan, hanya sebagai fondasi. Nanti RPJMD-nya jadinya tetap sesuai dengan visi misi kepala daerah terpilih," tuturnya.

Agus mencontohkan pentingnya para calon kepala daerah memahami dokumen tersebut, agar arah program pembangunan bisa terus berkelanjutan. Selain itu, ini berkaitan dengan efisiensi penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Biar mereka arah pembangunannya sama itu ya, nanti kan mereka tinggal strateginya saja. Misalnya seperti Capres Prabowo untuk meningkatkan kecerdasan kemakmuran pendekatannya strateginya makan siang gratis, misalnya. Calon lainnya apa lagi, begitu. Nanti masyarakat tinggal memilih saja," ungkapnya.

Dia mengharapkan dengan mereka memahami hal tersebut, dapat menjadi bagian dari para calon mampu mengedukasi masyarakat serta mencanangkan program-program sesuai dengan strateginya masing-masing.

"Seperti kemiskinan, pengangguran, harapannya tinggal mereka bagaimana menuntaskan dengan strateginya, kita sih harapannya begitu," tandasnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Tunaikan Ibadah Haji, Dani Ramdan Doakan Kabupaten Bekasi Saat Wukuf di Arafah
PEMERINTAHAN   Jun 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna Serahkan Hewan Qurban di Ponpes At-Taqwa Babelan
PEMERINTAHAN   Jun 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Edukasi Cegah Stunting, Camat Serang Baru Apresiasi Program Kampus Bakti dari Universitas Paramadina
PEMERINTAHAN   Jun 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik