Minggu, 28 November 2021

Posyantek Desa Sindangmulya Miliki Program Ketahanan Pangan

PEMERINTAHAN   Oct 28, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 872 Kali


78IMG_20211028_075734.jpg


CIBARUSAH - Pemerintah Desa Sindangmulya didampingi Pemerintah Kecamatan Cibarusah mengikuti sosialisasi Posyantek Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Kamis (27/10/21).

Kepala Bidang Kelembagaan Desa pada DPMD Kabupaten Bekasi, Mien Aminah mengatakan, selain sosialisasi Posyantek, pihaknya ingin melihat sejauh mana penerapan Posyantek dilaksanakan serta inovasi apa yang telah dilakukan.

"Jadi kita terus melakukan sosialisasi Posyantek antar desa (kecamatan) dan Posyantek desa. Dimana kita melihat sejauh mana inovasi dan terobosan dalam pemanfaatan sumberdaya yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat," ucap Mien Aminah.

Posyantek sendiri merupakan pos pelayanan teknologi tepat guna yang dibuat berdasarkan Peraturan Bupati Bekasi sebagai lembaga kemasyarakatan di tingkat kecamatan atau desa. Adapun fungsi Posyantek yakni memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi, dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani menjelaskan, di Desa Sindangmulya telah ada Posyantek yang memiliki program terkait ketahanan pangan melalui inovasi dan kreativitas warga masyarakat bersama petani dan pihak lainnya 

"Di Desa Sindangmulya sudah dipaparkan ada Posyantek budidaya ikan lele, pembuatan makanan ikan melalui olahan limbah sayuran dari Pasar Cibarusah, serta olahan makanan berupa opak dari bahan dasar ikan lele," ujarnya.

Selpia menambahkan, pemerintah desa mendukung pos pelayanan teknologi tepat guna yang dinilai dapat memaksimalkan pemberdayaan masyarakat serta merangsang dan menjaring ide-ide kreasi dan inovasi di bidang teknologi di tengah masyarakat.

"Tentunya kita berharap ini sebagai pendorong perubahan, baik perubahan di bidang ekonomi maupun sosial budaya. Semoga Posyantek ini dapat menginspirasi dan memotivasi warga masyarakat lainnya," kata dia.

Posyantek Desa dan Posyantek Antar Desa akan dilaunching secara resmi oleh DPMD Kabupaten Bekasi pada 8 November 2021 mendatang.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor.     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik