Selasa, 18 Januari 2022

Plt. Bupati Bekasi Hadiri Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional

PEMERINTAHAN   Jan 12, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 142 Kali


id3993_Compress_20220112_205625_5239.jpg


CIKARANG BARAT - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi Akhmad Marjuki menghadiri apel peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, yang berlangsung di Kawasan Industri MM2100, Kecamatan Cikarang Barat, pada Rabu, (12/01/2022).

Usai mengikuti apel, Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki mendampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama jajarannya meninjau fasilitas yang dimiliki SMK Mitra Industri MM2100.

Plt. Bupati Bekasi Akhmad Marjuki mengatakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus disosialisasikan saat penerimaan karyawan dan sangat penting diterapkan oleh setiap perusahaan, sehingga keselamatan kerja menjadi sebuah budaya di lingkungan perusahaan.

"Keselamatan dan kesehatan kerja harus ditanamkan sejak perekrutan karyawan agar tenaga kerja yang baru ini mengetahui pentingnya K3 dan diharapkan ini menjadi sebuah budaya di perusahaan," ujarnya.

Selain itu kesadaran dalam menjalankan keselamatan dan kesehatan kerja harus diterapkan di perusahaan, karena dapat menjamin produktifitas karyawan dan dapat meningkatkan produksi perusahaan.

"Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal yang penting dan harus dilaksanakan bukan hanya sebagai kebutuhan karyawan saja tetapi juga sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, dikarenakan (K3) sangat berkaitan dengan produktifitas produksi" kata Akhmad Marjuki.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan, kelompok pada usia muda sangat berpotensi mengalami kecelakaan saat bekerja. Karena itu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi K3 yang lebih rutin agar tenaga kerja pada usia muda dapat semakin peduli terhadap keselamatan kerja.

"Bahwa usia terbanyak yang mengalami kecelakaan kerja ada pada kelompok kaum muda dari usia 20 tahun sampai 25 tahun, untuk itu perlu upaya pendekatan dan sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih intens dan inovatif agar kaum muda bisa semakin peduli dalam melaksanakan K3 di tempat kerjanya," ujarnya.

Kementerian Ketenagakerjaan pada tahun 2021 telah melaksanakan berbagai upaya dalam peningkatan pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja secara nasional, dan telah menyempurnakan perundang-undangan pada bidang K3 melalui ketersediaan panduan pengawasan ketenagakerjaan dimasa pandemi Covid-19.

"Kami terus meningkatkan peran pengawasan pada bidang K3 dalam pembinaan dan pemeriksaan serta penegakkan hukum, dan meningkatkan kesadaran pengusaha dan pengurus tenaga kerja sehingga memiliki kompetensi dan kewenangan dibidang K3," ucapnya.

Reporter : Endar Raziq

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemdes Tamansari Kembali Ajukan Usulan Prioritas di Musrenbangdes TA 2023
PEMERINTAHAN   Jan 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
7 Desa di Cikarang Selatan Sudah Rampungkan Musrenbangdes
PEMERINTAHAN   Jan 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pimpin Apel Pagi, Plt Bupati Bekasi Minta ASN Tingkatkan Budaya Kerja Secara Profesional
PEMERINTAHAN   Jan 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadiri Silaturahmi Alumni Santri Akang, Plt. Bupati Bekasi : Jaga Kekompakan dan Solidaritas
PEMERINTAHAN   Jan 16, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt. Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi di Kecamatan Karangbahagia
PEMERINTAHAN   Jan 16, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik