Rabu, 24 April 2024

Pj Bupati Bekasi Monitoring Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024

UMUM   Feb 22, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 801 Kali


id9183_WhatsApp Image 2024-02-22 at 06.16.08.jpeg
PLENO TERBUKA : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memonitoring langsung jalannya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi. foto Arif Tiarno

CIBITUNG - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memonitoring langsung jalannya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi. Rapat pleno tersebut serentak telah dimulai sejak 20 Februari 2024 oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Di lokasi pertama, Pj Bupati Dani Ramdan meninjau Gedung Serbaguna Wanasari, tempat berlangsungnya proses rekapitulasi suara Pemilu, didampingi Muspika Kecamatan Cibitung, Lurah Wanasari serta Ketua PPK Cibitung.

Kemudian Pj Bupati bergegas menuju Gedung Olahraga Tambun, lokasi pengecekan selanjutnya didampingi oleh Camat Tambun Selatan beserta Ketua KPU Kabupaten Bekasi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan tinjauan di lapangan, Pj Bupati Dani Ramdan menuturkan, proses pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan adanya kendala yang berarti. Hal tersebut tak lepas dari fungsi pengawasan dan pengamanan yang telah dilakukan semaksimal mungkin oleh seluruh stakeholder terkait guna mendukung terciptanya kondusifitas pada setiap tahapan Pemilu tahun 2024.

"Kalau rekapitulasi berjalan lancar, tidak ada gangguan yang berarti karena pengamanannya sudah sedemikian rupa dan hanya petugas yang berwenang saja yang dapat masuk. Sehingga Alhamdulillah tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya usai monitoring pada Rabu (21/02/2024).

Dani Ramdan menilai, penyelenggara Pemilu memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga integritas dalam menjalankan tanggung jawab dan wewenangnya pada setiap tahapan pemilu. Terlebih saat momen krusial seperti tahapan rekapitulasi perolehan suara ini, yang prosesnya dilakukan melalui rapat pleno terbuka.

"Tidak ada upaya-upaya untuk memanipulasi dan memang secara sistem kalau saya lihat hampir tidak ada peluang, karena semua saksi hadir di situ, penghitungannya terbuka, dicek satu persatu jadi masyarakat juga bisa yakin bahwa apa yang terjadi proses di dalam ini, walaupun tidak bisa terbuka secara publik tetapi terjaga secara sistem, jadi insyaallah ini lebih baik, kecil kemungkinan adanya potensi yang mengkhawatirkan," jelasnya.

Dani Ramdan juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menggunakan hak suaranya pada puncak Pemilu 14 Februari kemarin. Dia pun berpesan agar seluruh pihak baik stakeholder terkait, juga lapisan masyarakat tetap menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan demi terlaksananya Pemilu yang lancar hingga tahapan akhir.

"Masyarakat saya kira sudah berperan dengan sangat baik, sudah melaksanakan hak pilihnya, sekarang tinggal bersabar menunggu proses sampai tuntas dan Insyaallah satupun suara dari masyarakat tidak ada yang tidak tercatat di sini ataupun bergeser, kami semua bertanggungjawab untuk menjaga agar suara masyarakat sesuai dengan pilihannya sehingga hasil Pemilu kita ini betul-betul jujur adil," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Cibitung Encun Sunarto menyambut baik kehadiran Pj Bupati yang meninjau langsung proses rekapitulasi perolehan suara diwilayahnya. Dia juga berterimakasih kepada  TNI dan Polri yang telah membantu mengamankan jalannya kegiatan tahapan rekapitulasi perolehan suara saat ini.

Encun menyampaikan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Cibitung untuk menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) dan bersiap memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas penyelengara Pemilu yang tengah melakukan rekapitulasi perolehan suara secara bergantian 12 jam setiap harinya.

"Saya tadi sudah berkoordinasi dengan para Kapus se-Kecamatan Cibitung, mereka bergantian berjaga dari awal, pagi diapelkan dulu sampai selesai penghitungan. Di setiap harinya juga kami himbau sebelum pelaksanaan di cek kesehatannya, di tensi, di support vitaminnya karena memang ini kerjanya marathon para penyelenggara, luar biasa membutuhkan vitalitas yang benar-benar harus tangguh," jelasnya.

Reporter : Arif Tiarno

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

KPU Kabupaten Bekasi Buka Sayembara Maskot dan Jingle Pilbup dan Wabup Bekasi
UMUM   Apr 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pelayanan Modern dan Serba Digital, Wamen ATR/BPN Apresiasi Kantah Kabupaten Bekasi
UMUM   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Persiapan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi Sudah 60 Persen
UMUM   Apr 4, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
230 Anak Yatim Piatu Borong Baju LebaranĀ  di Mall
UMUM   Apr 3, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran
UMUM   Mar 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik