Rabu, 24 April 2024

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan Serahkan Santuan BP Jamsostek kepada Ahli Waris Petani

UMUM   Jan 18, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 264 Kali


id9017_photo1705977542.jpeg


CIKARANG PUSAT – Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyerahkan santunan atau klaim jaminan kecelakaan kerja meninggal sebesar Rp 70 Juta serta beasiswa sebesar Rp 111 Juta kepada ahli waris petani yang bernama Mansur yang meninggal dunia akibat kesetrum saat bekerja di sawah.

Mansur adalah petani warga Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung merupakan peserta BP Jamsostek yang iurannya ditanggung Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian.

“Total yang diterima ahli waris sebesar Rp 181 Juta berupa santunan JKK dan beasiswa untuk ahli waris maksimal dua orang,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi (KSI), BP Jamsostek Cabang Bekasi Cikarang, Dian Zulfikar pada, apel Korpri, Rabu (17/01/2024).

Dia menjelaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melindungi petani melalui kepesertaan BP Jamsostek Tahun 2023 yang mendorong pembangunan daerah dan berpotensi dalam peningkatan ekonomi. Dikatakannya di Tahun 2023 Pemkab Bekasi membayarkan iuran untuk 26.800 orang petani. Para petani yang sakit hingga kecelakaan kerja dilindungi oleh BP Jamsostek.

“Bila terjadi kecelakaan dan meninggal, diberikan santunan Rp 70 Juta, kemudian ahli warisnya mendapatkan beasiswa hingga lulus kuliah,” tambahnya.

Dirinya berharap, program yang diterapkan ini tidak hanya pada petani. Guna mendorong pembangunan dan mengurangi kemiskinan, masyarakat dari mulai pedagang kecil, sektor nelayan, marbot masjid seharusnya bisa diberikan penjaminan sosial ketenagakerjaan.

“Jadi, saat terjadi resiko minimal mereka akan mengurangi angka kemiskinan dan mengurangi kesejahteraan bagi yang ditinggalkan. Dan itu, benar benar bisa membuat perekonomian Kabupaten Bekasi, bisa berjalan lebih lancar. Dan meningkatkan perekonomian yang sudah ada,” tuturnya.

Selain Pemkab Bekasi saat ini telah melindungi anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), dengan Badan Penyelenggara Jamsostek dan MoU sudah dilakukan pada September Tahun lalu.

“ Kalau sampai meninggal dunia, mereka akan mendapatkan Rp 96 juta plus biaya pemakaman Rp 10 Juta, ditambah Rp 12 juta santunan berkala dan Rp 174 juta beasiswa anaknya, kalau meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan ada hubungannya sebagai Korpri,”terangnya (*)

 

REPORTER: DANI MOSES

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

KPU Kabupaten Bekasi Buka Sayembara Maskot dan Jingle Pilbup dan Wabup Bekasi
UMUM   Apr 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pelayanan Modern dan Serba Digital, Wamen ATR/BPN Apresiasi Kantah Kabupaten Bekasi
UMUM   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Persiapan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi Sudah 60 Persen
UMUM   Apr 4, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
230 Anak Yatim Piatu Borong Baju LebaranĀ  di Mall
UMUM   Apr 3, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran
UMUM   Mar 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik