Rabu, 24 April 2024

Pertama di Jabar, Disbudpora Kabupaten Bekasi Kembangkan SDI

OLAH RAGA   Feb 22, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.437 Kali


id6713_20230222_BIMTEK SPORT (9)(1).jpg
SPORT : Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi mulai mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga atau Sport Development Index (SDI). Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG TIMUR - Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi mulai  mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga atau Sport Development Index (SDI). Diharapkan dengan ini dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Disbudpora Kabupaten Bekasi Yudi Candra Permana menjelaskan, pengambilan dan penginputan data SDI akan dilakukan melalui survey pendataan SDI tahun 2023. Pengambilan dan penginputan data itu akan dilaksanakan di 23 Kecamatan dengan sampling 47 desa atau kelurahan se-Kabupaten Bekasi.

"Keberhasilan olahraga dalam masyarakat dapat dilihat dari sport development index (SDI) yang terdiri dari beberapa indikator sebagai dasar maju mundurnya masyarakat berolahraga. Kita, untuk kabupaten Bekasi merupakan daerah pertama se-Jawa Barat yang melaksanakan program ini," jelas Yudi Candra Permana usai Bimbingan Teknis (Bimtek) Sport Development Index dan survey pendataan 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi di Hotel Batiqa, Cikarang Selatan pada Rabu (22/02).

Para peserta Bimtek mendapatkan materi dan arahan mengenai pentingnya SDI dari Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pelaksanaan dan realisasi kebijakan pembangunan olahraga SDI dan intervensi program sistem informasi SDI (SISDI).

Lebih lanjut, dilanjutkan dengan survey pendataan SDI tahun 2023 pada 23 Kecamatan dengan sampling Desa/kelurahan sebanyak 47 Desa/kelurahan se- Kabupaten Bekasi, Dengan responden sebanyak 30 responden per Desa atau Kelurahan dengan total responden 1470 responden se Kabupaten- Bekasi.

“Dengan tim peserta bimtek menjadi tim pencacah survei sebanyak 84 orang terdiri dari 69 tim pencacah,  6 orang sebagai tim aplikasi SISDI dan 10 orang sebagai koordinator tim. Selanjutnya mereka bisa mencatat peningkatkan kualitas manusia yang memiliki tingkat kesehatan dan kebugaran yang baik melalui kegiatan yang terprogram dan berkesinambungan di masyarakat,” paparnya.

Adapun indikator penunjang SDI meliputi ruang terbuka, Sumber Daya Manusia, partisipasi dan kebugaran jasmani. Jika semua itu terpenuhi maka akan menjadi indikator keberhasilan pembinaan olahraga.

"Sehingga, SDI memberikan penilaian yang efektif bagi perkembangan olahraga dengan menawarkan tolak ukur keberhasilan olahraga. Ke empat poin itu, menjadi indikator keberhasilan olahraga," katanya.

Untuk tata cara pengambilan dan penginputan data SDI untuk Disbudpora yakni dengan memaksimalkan penggiat olahraga seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) dan Ikatan Guru Olahraga (IGORA).

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Jaring Pejudo Muda, PJSI Kabupaten Bekasi Kukuhkan Tiga Klub
OLAH RAGA   Apr 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Berikan Bonus Atlet Popda, Popnas, Peparpeda dan Fornas 2023
OLAH RAGA   Mar 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Matangkan Persiapan Hadapi Popwilda Jabar 2024
OLAH RAGA   Mar 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
206 Atlet Usia Dini, Ramaikan Festival Shorinji Kempo Kids 2024
OLAH RAGA   Mar 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Persiapan PON XXI Aceh – Sumut, Kabupaten Bekasi Menjadi Lokasi Pelatda Atlet Jabar
OLAH RAGA   Mar 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik