Sabtu, 22 Juni 2024

Pemkab Bekasi Akan Berikan Penghargaan kepada Pegiat Seni dan Budaya Lokal

PEMERINTAHAN   Jun 5, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 854 Kali


id7366_Compress_20230605_125307_7044.jpg
MALAM APRESIASI SENI DAN BUDAYA : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menaiki odong-odong saat menghadiri acara Malam Apresiasi Seni Budaya dan Pengukuhan Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi, di Lapangan sepakbola Desa Sukasejati Kecamatan Cikarang Selatan, Minggu (04/06/23) malam.

CIKARANG SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi akan memberikan anugerah penghargaan atau award kepada para pegiat dan pelaku kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Bekasi. Anugerah tersebut diberikan untuk mendongkrak semangat dan eksistensi di bidang seni dan budaya.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, peran pemerintah daerah dalam rangka menjaga seni dan budaya agar tetap lestari yaitu dapat dilakukan dengan memberikan motivasi demi mendongkrak semangat para penggiat seni dan budaya lokal.

"Kita berikan penghargaan budaya atau kebudayaan awards supaya para seniman dan budayawan yang punya karyanya dapat penghargaan setiap tahun sehingga mereka termotivasi," ucap Dani, dalam acara rangkaian Malam Apresiasi Seni Budaya dan Pengukuhan Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bekasi, di Lapangan sepakbola Desa Sukasejati Kecamatan Cikarang Selatan, Minggu (04/06/23) malam.

Penghargaan tersebut, lanjut Dani, merupakan upaya pemerintah daerah dalam menjaga eksistensi kesenian dan kebudayaan lokal agar tidak tergerus oleh zaman yang semakin modern. Sehingga masyarakat Kabupaten Bekasi tetap dapat mengenal dan menikmati identitas daerah lewat kesenian dan kebudayaannya.

"Kita juga akan menggelar event-event kebudayaan dan kesenian yang harus terus didorong dan ditingkatkan agar ada wadah dan sarana. Sehingga para seniman dan budayawan kita dapat mengekspresikan karya-karyanya," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), Iman Nugraha juga menjelaskan, selaku pemangku kebijakan di bidang kebudayaan mengaku siap menindaklanjuti arahan dari Pj Bupati Bekasi, agar para pelaku seni dan budaya di Kabupaten Bekasi dapat mendapat penghargaan dari tahun ke tahun.

"Mungkin tidak di tahun ini, kita akan coba adakan awards bagi para seniman dan kebudayaan yang berprestasi di bidangnya di tahun depan dan seterusnya," kata Iman.

Dirinya juga menambahkan, melihat begitu banyaknya kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Bekasi, maka dalam menentukan penerima penghargaan akan dilakukan klasifikasi terlebih dahulu sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Mungkin kita akan selektif dalam penilaiannya sesuai bidang dan jenis penghargaan yang akan diberikan, terutama pada kearifan budaya lokal," ujarnya.

Reporter : Nurachman Akbar

Editor      : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Perhatikan Usulan Warga, Pj Bupati Dani Ramdan Realisasikan Perbaikan Jalan Ciledug-Cikarageman
PEMERINTAHAN   Jun 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Percepat Pembangunan Wilayah Utara, Dani Ramdan Ajukan Sertifikasi Lahan Hutan Muaragembong
PEMERINTAHAN   Jun 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Buka Bimtek Keprotokolan, Plh Bupati Bekasi : Protokol Cermin dan Wibawa Pemerintah Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plh Bupati Bekasi Dampingi Menaker Tinjau Pelaksanaan Tes IVA di PT Indofood CBP
PEMERINTAHAN   Jun 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plh Bupati Minta DPPKB dan Dinkes Kontrol Program Babe/Nyak Asuh Anak Stunting
PEMERINTAHAN   Jun 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik