Kamis, 18 Juli 2024

Meski Kemarau Panjang, Petani di Bojongmangu Berhasil Panen Padi Secara Normal

EKONOMI   Oct 10, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.492 Kali


id8388_Compress_20231010_193932_2466.jpg


BOJONGMANGU - Meskipun dilanda kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan, para petani di wilayah Kecamatan Bojongmangu, berhasil memanen padi secara normal dari sawah yang digarapnya. 

Koordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bojongmangu, Roup Gopur, mengatakan, petani yang sekarang sedang panen adalah mereka yang sawahnya dekat dengan Kali Cibeet.

Roup menyebutkan, para petani yang sedang panen padi di Kecamatan Bojongmangu, yang sawahnya dekat Kali Cibeet, ini ada sekitar 20 hektar, dari 3 desa yaitu Desa Karangmulya, Desa Bojongmangu dan Desa Sukabungah. 

"Alhamdulilah padi yang dipanen para petani cukup bagus, dengan hasil normal, 1 hektarnya bisa menghasilkan padi 6 ton," ungkapnya, pada Selasa (10/10/2023).

Roup mengatakan, para petani di Bojongmangu lebih memilih menanam padi, meski kesulitan mendapatkan air. 

"Karena padi menjadi komoditas yang lebih mudah dijual," ungkapnya.

Roup menambahkan, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bojongmangu, saat ini sedang mensosialisasi kepada kelompok tani untuk menanam padi varietas Inpago 13 Fortiz. Karena selain adaptif di lahan kering, varietas ini juga dapat dibudidayakan di lahan sawah tadah hujan dengan sistem pengairan yang terbatas.

“Diharapkan selain dapat meningkatkan produktivitas di lahan kering, Inpago 13 Fortiz juga dapat memenuhi kebutuhan gizi, dengan menggunakan varietas yang secara genetik mampu menghasilkan kadungan zinc dan protein tinggi sesuai dengan tingkat yang dibutuhkan oleh masyarakat. " ungkapnya.

Plt Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro mengatakan, para petani di wilayahnya, pada umumnya kesulitan menggarap sawah karena kebanyakan masuk kategori sawah tadah hujan. 

"Tapi para petani yang sawahnya dekat dengan bantaran Kali Cibeet tetap semangat dan produktif menanam padi sampai panen, dengan memanfaatkan sumber air dari Kali Cibeet," kata Sapto. 

Sapto mengapresiasi para petani yang ada di wilayah Kecamatan Bojongmangu yang berhasil melakukan panen, meskipun di musim kemarau. 

"Ya, panen ini menunjukkan bahwa wilayah Kecamatan Bojongmangu para petaninya atau masyarakatnya bisa menjaga ketahanan pangan di musim kemarau, dan ini juga membuktikan para petani luar biasa semangatnya," ungkapnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Permudah Konektivitas Antar Kawasan, Pemkab Bekasi Sambut Baik Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung
EKONOMI   Jul 9, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Keterampilan, Warga Dua Desa di Kecamatan Pebayuran Ikuti Pelatihan Wirausaha
EKONOMI   Jun 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik