Kamis, 06 Oktober 2022

Maksimalkan Penanganan PPKS/PMKS, Dinsos Gelar Bimtek Tim Reaksi Cepat

SOSIAL   Aug 24, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 270 Kali


id5550_Compress_20220824_152647_7277.jpg
BIMTEK TRC : Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin, menyampaikan sambutan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek), Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam Penanganan PMKS/ PPKS di Kabupaten Bekasi di Hotel Grand Cikarang, Jl. Jababeka Raya, Cikarang Utara pada, Rabu (24/8/2022). FOTO : DANI MOSES/NEWSROOM

CIKARANG UTARA – Penanganan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sangat penting. Karena itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi berupaya untuk terus memberikan pelayanan maksimal terhadap PPKS dan PMKS. 

Salah satunya dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanganan PPKS/PMKS yang digelar di Hotel Grand Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, pada Rabu (24/8/2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin mengatakan, Bimtek tersebut melibatkan empat pilar yakni Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). 

“Ada 26 indikator masyarakat yang masuk dalam PPKS, beberapa diantaranya anak jalanan, orang terlantar dan sebagainya. Untuk penanganan PPKS ini, yang bergerak terutama di kewilayahan yakni empat pilar ini. Maka kita laksanakan bimtek,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, empat pilar yang tersebar di 23 kecamatan sudah melakukan kerjasama dalam penanganan PPKS dan PMKS di Kabupaten bekasi. Tidak sedikit, laporan dari masyarakat diterima tim di lapangan. 

Salah satu contoh, kata Endin, yakni penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di lingkungan keluarga. Bahkan beberapa diantaranya, penanganan orang terlantar di jalanan. Garda terdepan penganan daripada PPKS adalah pilar di tingkat wilayah. 

“Teman- teman dari LKS, PSM, TKSK dan Karang Taruna untuk selanjutnya berkoordinasi untuk penampungan ODGJ ini. Ini yang bisa kita lakukan, dalam peningkatan kapasitas ini tentunya, diharapkan teman- teman lebih aktif dan lebih kreatif lagi dalam penanganan masalah PPKS ini,” tandasnya. 

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Perda Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Mampu Tingkatkan Kualitas Hidup ODHA
SOSIAL   Sep 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Save the Children Bantu 378 Anak Korban Covid-19 di Kabupaten Bekasi
SOSIAL   Sep 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
2.754 Warga Desa Sindangmulya Cibarusah Terima Bantuan BLT BBM
SOSIAL   Sep 15, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Serah Terima Kunci Tim Bedah Rumah MPC Pemuda Pancasila
SOSIAL   Aug 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kisah Ibu Samiasih, Pengantar Makanan untuk 30 Warga Miskin di Desa Jayasakti
SOSIAL   Aug 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik