Selasa, 18 Juni 2024

Kadinkop UKM Kabupaten Bekasi Apresiasi Baznas Berikan Fasilitasi dan Pelatihan Pelaku UMKM

EKONOMI   Aug 1, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 539 Kali


id7783_Compress_20230801_134746_6102.jpg


CIKARANG PUSAT - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi, Ida Farida memberikan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Bekasi yang telah memfasilitasi pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan maupun pemberian gerobak barokah pada program Bekasi Mandiri.

"Saya mengapresiasi Baznas yang memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM yang baru mau merintis usaha, ada juga yang sudah jalan usahanya, setiap tahun itu 100 pelaku UMKM," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara Bekasi Mandiri Baznas Kabupaten Bekasi, pelatihan peningkatan bisnis UMKM pedagang gerobak barokah Baznas, di aula kantor Baznas, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat, pada Selasa, (01/07/2023).

Ida menjelaskan sejak 2017 Baznas terus memberikan kontribusinya dalam pembinaan UMKM sampai dengan tahun 2023 telah memberikan pelatihan kepada kurang lebih 700 pelaku UMKM.

"Di tengah terpaan Covid-19 yang berjalan 2 tahun yang lalu, harga bahan pokok naik, dengan adanya pelatihan ini kita bisa belajar bagaimana bisnis ini bisa terus berjalan," terangnya.

Saat menghadiri program Bekasi Mandiri, kata Ida, pihaknya akan terus berkolaborasi bersama Baznas sekaligus terus melakukan inovasi dan perbaikan untuk mendukung pelaku UMKM.

"Akan kita lihat terus, yang terpenting adalah marketingnya. Mereka sudah dilatih, difasilitasi gerobak, dan bagimana memasarkan dagangannya," jelasnya.

Ida menyebutkan, Pemkab Bekasi melalui Dinas Koperasi dan UKM akan mendukung hal ini dengan mengkomunikasikan kepada ritel, supermarket, dan semacamnya.

"Paling tidak gerobaknya ini bisa ada di depan Alfa Mart, Indomaret, nanti kegiatannya bisa bisnis gorengan dan sebagainya," katanya.

Pola kemitraan juga akan dilakukan kepada koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi agar produk UMKM bisa masuk ke koperasi di perusahaan-perusahaan.

"Sudah banyak UMKM yang masuk dari mulai gorengan, seperti bakwan saja omsetnya 1 bulan bisa Rp25 juta. Jadi kita akan bangkit bersama," tutur Ida.

Ida berharap para pelaku UMKM yang sudah difasilitasi Baznas terus konsisten dalam berbisnis agar usaha mereka bisa membuahkan hasil dan meningkatkan ekonomi pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

"Sudah ada beberapa UMKM kita yang sudah bisa ekspor, yang muda-muda biasanya, tapi yang usianya sudah di atas itu juga jangan mau kalah, harus tetap semangat," pungkasnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor      : Yus Ismail 

Berita Lainnya

Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bernilai Ekonomi Tinggi, Warga Pesisir Muaragembong Kembangkan Budidaya Ikan Air Payau
EKONOMI   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik