Kamis, 25 Juli 2024

Dukung Sukses Pemilu 2024, Pemkab Bekasi Siagakan Tenaga kesehatan

PEMERINTAHAN   Jun 6, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 835 Kali


id7374_Compress_20230606_143055_5390.jpg
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan memimpin rapat koordinasi persiapan Pemilu Serentak 2024 di Aula K.H Noer Alie, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Selasa (06/06/2023). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan dalam mendukung proses tahapan Pemilu 2024 Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menyiapkan tenaga kesehatan untuk menjaga kondisi penyelenggara pemilu.

Hal itu ditegaskan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak dan Isu strategis lainnya, di Aula KH Noer Alie, Kantor Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, pada Selasa (06/06/2023).

Dani mengatakan, kehadiran tenaga kesehatan menjadi syarat mutlak bagi penyelenggara seperti PPK, PPS, KPPS ataupun panitia di TPS agar kondisi kesehatan mereka tetap terjaga. 

"Kami mendorong jajaran kewilayahan untuk menyiapkan vitamin, suplemen dan sebagainya, dan pengawalan dari tim medis, kami juga akan perintahkan Puskesmas setempat untuk stand by, mulai dari tahap pencoblosan, penghitungan, rekapitulasi itu biasanya puncak kelelahan, sehun haris ada tim medis yang membantu," tuturnya.

Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih, Pj Bupati Bekasi mengatakan akan menyiapkan hadiah untuk TPS yang paling menarik. 

"Ya, kami akan berikan hadiah untuk TPS yang paling menarik, kostumnya, dekorasinya, supaya masyarakat bergairah datang ke TPS," ujarnya. 

Upaya lainnya yang akan dilakukan, lanjut Dani, harus disosialisasikan dari sekarang bahwa Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Kemudian daftar pemilih terus diupdating supaya tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilih, selanjutnya edukasi politik supaya masyarakat mau mencoblos, TPS juga lokasinya harus pas," ucapnya. 

Dani juga mengimbau bagi para Kepala Perangkat Daerah, Camat, dan Kepala Desa agar bisa memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu.

Pemkab Bekasi juga akan membantu mengedukasi masyarakat mengenai Pemilu yang merupakan ajang demokrasi adu gagasan, dan bukan ajang untuk bergesekan.

"Integritas penyelenggara dan peserta harus dijaga, sarana prasarananya harus tercukupi, logistik, anggaran, dan netralitas ASN, TNI-Polri," jelasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri dalam sambutannya menyampaikan beberapa wilayah yang memiliki kerawanan Pemilu di tahun 2019 lalu. 

Dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya.

"Kita memiliki kecamatan terbesar dengan jumlah pemilih terbanyak yaitu Tambun Selatan. Jumlah penyelenggara yang terbatas, tingkat krodit yang tinggi ini menjadi catatan bersama. Kemudian juga berkaitan dengan netralitas ASN ini juga menjadi perhatian kita semua," jelasnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin menambahkan Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki tugas dalam mendukung suksesnya Pemilu 2024.

"Di antaranya menyiapkan personil sekretariat di tingkat kecamatan dan desa, serta memberikan fasilitas," ujarnya. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada para Camat yang telah mendukung berjalannya tahapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sudah dilaksanakan. 

Reporter : Fajar CQA/Dani Ibrahim

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Kukuhkan Perempuan LIRA dan JPN, Pj Bupati Berharap Menjadi Wadah Edukasi dan Informasi Masyarakat
PEMERINTAHAN   Jul 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Usung Tema Revolusi Mental, 113 Peserta Ikuti MTQ Tingkat Kecamatan Kedungwaringin
PEMERINTAHAN   Jul 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Melalui Botram, Masyarakat Desa Jejalen Apresiasi Kinerja Pelayanan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Jul 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Serahkan SK Forum IPSM, Pj Bupati Dani Ramdan Dorong Penguatan Data DTKS Lebih Valid
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Perkuat Komunikasi HRD Perusahaan, Dani Ramdan Jadi Narasumber Dialog Interaktif Daerah
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik