Kamis, 06 Oktober 2022

Dispar Dampingi PT Cikarang Listrindo Salurkan CSR untuk Desa Kertarahayu

UMUM   Sep 22, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 123 Kali


id5734_WhatsApp Image 2022-09-22 at 18.14.02.jpeg
CSR: GA PT Cikarang Listrindo Kiswan Maranata menyerahkan CSR kepada Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi di Hotel Java Pallace, Cikarang Utara, pada Rabu, (21/09/2022).FOTO: FAJAR CQA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

CIKARANG UTARA - Dinas Pariwisata mendampingi PT Cikarang Listrindo menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) berbentuk dana bantuan, yang dialokasikan untuk peningkatan kualitas destinasi pariwisata Kampung Kita, Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

Penyerahan CSR ini diserahkan langsung oleh GA PT Cikarang Listrindo, Kiswan Maranata pada Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi, di Hotel Java Pallace, Cikarang Utara, pada Rabu, (21/09/2022).

Analis Kebijakan Sumber Daya Manusia pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Waryanto menyampaikan apresiasinya dengan CSR yang diberikan pihak PT Cikarang Listrindo, yang merupakan bentuk komitmen pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bekasi.

"Pak Kepala Dinas Encep S Jaya sedang mendukung dan melakukan pendekatan kepada perusahaan yang bisa bergabung dalam pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Bekasi dengan cara berkolaborasi," kata Waryanto.

Menurutnya, CSR ini akan diberikan secara berkelanjutan dengan alokasi khusus untuk memajukan kepariwisataan. Mengenai pemberian tahap 1 ini lanjutnya akan dialokasikan untuk menambah kapasitas SDM pengelola wisata di Desa Kertarahayu.

"Khusus pengembangan SDM dan pemberdayaan yang menjadi program Cikarang Listrindo karena mereka menggunakan peta pengembangan pariwisata oleh konsultan. Jadi tahap SDM-nya dulu yang dibangun, sebagaimana harapan Cikarang Listrindo," lanjutnya.

Disampaikannya konsep pengembangan pariwisata dengan melibatkan unsur Pentahelix, kata Waryanto adalah bentuk kolaborasi yang bisa saling menguntungkan dalam membangun pariwisata.

"Peran Dinas Pariwisata karena kita juga ada inovasi Ngapepar, ngariung penggiat pariwisata, mengutamakan konsep kolaborasi secara pentahelix, yaitu melibatkan kaum bisnis, media, masyarakat, akademisi, pemerintah dan komunitas. Sehingga kita membangun harmonisasi yang saling menguntungkan," ungkapnya.

Dia berharap para pegiat media sosial (influencer) ataupun penggiat pariwisata dapat berperan serta dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Bekasi kepada khalayak luas lagi, sehingga akan lebih banyak yang mengenal dan berkunjung ke pariwisata yang dimiliki Kabupaten Bekasi.

"Harapannya, kreatifitas para influencer dan penggiat pariwisata kita dampingi, kita dukung dan kita fasilitasi, melalui kebijakan yg ada di Dinas Pariwisata, sehingga berdampak terhadap wisatawan yg berkunjung ke Kabupaten Bekasi, baik berwisata industri, alam maupun meeting, incentive, convention, and exhibitionmice (Mice), yang berkontribusi terhadap peningkatan PAD melalui pajak daerah dari sektor wisata yaitu hotel dan restoran," tandasnya.(*)

REPORTER: FAJAR CQA

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

5 Juri Bakal Uji Kemampuan Finalis Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2022
UMUM   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Presidium KAHMI : Masyarakat Puas Akan Kinerja Dani Ramdan
UMUM   Oct 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Petanesia Menilai Kinerja Dani Ramdan Lebih Objektif
UMUM   Oct 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ketua Karang Taruna Jabar Apresiasi Kinerja Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan
UMUM   Oct 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ketua Forum UMKM Pebayuran Apresiasi Pelatihan Digital
UMUM   Sep 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik