Sabtu, 03 Desember 2022

Diskominfosantik : Aplikasi Bebeli dan Bebunge masuk dalam Ekosistem Kubernetes

PEMERINTAHAN   Aug 5, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 769 Kali


id5357_Compress_20220805_203226_6506.jpg


CIKARANG PUSAT - Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi menyatakan, aplikasi Bekasi Berani Beli (Bebeli) dan Bekasi Nyambung Bae (Bebunge) akan menjadi aplikasi pertama milik Pemerintah Kabupaten Bekasi yang masuk dalam ekosistem kubernetes.

Plt Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum mengatakan, masuknya Bebeli dan Bebunge dalam ekosistem kubernetes bertujuan untuk meningkatkan nilai Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Bekasi.

"Kubernetes adalah platform yg berbasis open source, penggunaan open source masuk di dalam penilaian indeks SPBE serta dalam rangka mendukung program Indonesia Go Open Source," kata Bahrul Ulum, Jumat (05/08/22).

Masuknya dua aplikasi ini ke dalam ekosistem kubernetes juga dapat meningkatkan kualitas aplikasi Bebeli dan Bebunge. 

"Secara teknis, dua aplikasi ini akan berjalan dengan metode manajemen workloads yang dikontainerisasi dan menggunakan framework arsitektur microservices serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi secara deklaratif," terangnya.

Selain itu, kata dia, pengembangan aplikasi Bebeli dan Bebunge mendapat pendampingan dari Platform Lyrid, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat.

Regional VP Business Development Asia Pacific Lyrid, Fiksa Atlita Natanugraha mengatakan, pihaknya akan melakukan pendampingan agar aplikasi Bebeli dan Bebunge yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat berfungsi secara optimal dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat.

"Ya, kami dari Lyrid akan membantu pengembangan sistem aplikasi Bebeli dan Bebunge. Kami juga akan memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM yang terdaftar pada aplikasi Bebeli agar ke depan bisa berkembang menjadi startup," kata Fiksa.

Aplikasi Bebeli merupakan toko daring pertama milik Pemkab Bekasi, untuk membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Dijadwalkan aplikasi ini akan diluncurkan oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, menjelang perayaan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72.

Sedangkan aplikasi Bebunge adalah portal utama aplikasi pelayanan publik yang terintegrasi milik Pemkab Bekasi untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, informasi dan layanan publik lainnya.

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kodim 0509 bersama TNI/Polri dan Perangkat Daerah Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Proses Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional Masuk Tiga Besar
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BRIN dan Balitbangda Observasi Padi Merah Lokal Khas Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik