Selasa, 05 Maret 2024

Dinsos Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Rob di Muaragembong

PEMERINTAHAN   Nov 27, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 829 Kali


id6268_Compress_20221127_204046_6286.jpg
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin bersama Camat Muaragembong Lukman Hakim, turun langsung menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir rob di Desa Pantai Harapan Jaya, pada Minggu (27/11).

MUARAGEMBONG - Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap warga yang terdampak banjir rob di Kecamatan Muaragembong terus berdatangan. 

Setelah mendapat bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada Sabtu (26/11) kemarin, kali ini bantuan datang dari Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. 

Kepala Dinas Sosial, Endin Samsudin mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah untuk membantu warga yang terdampak banjir rob di Muaragembong. 

"Ya, hari ini kami salurkan bantuan berupa mie instan 150 dus, beras 250 kantong dengan berat 5 kg dan 300 kaleng sarden ukuran besar," kata Endin saat mengantarkan bantuan di Desa Pantai Mekar, Minggu (27/11). 

Di lokasi yang sama, Camat Muaragembong Lukman Hakim mengatakan, saat ini unsur Muspika Kecamatan Muaragembong terus melakukan monitoring ke tiap titik yang terkena banjir pasang air laut di lima desa di wilayahnya. 

Pasalnya, sebagian besar warga pesisir Muaragembong yang terdampak banjir rob, memilih bertahan di kediaman masing-masing. 

"Warga masyarakat semuanya bertahan. Meski ada genangan air dari laut," imbuhnya. 

Lukman menyebutkan, lima desa di Kecamatan Muaragembong yang terdampak banjir rob yakni Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Bakti Desa Pantai Sederhana dan Desa Pantai Harapan Jaya. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis mengatakan, sesuai arahan Pj Bupati Bekasi, pihaknya langsung turun menuju lokasi bencana, setelah adanya laporan terjadi banjir rob akibat naiknya permukaan air laut pasang, yang berdampak terhadap warga di sejumlah desa di Kecamatan Muaragembong.

“Ya, kami langsung berkoordinasi dengan Tim Destana setempat dan FPRB Kecamatan Muaragembong, untuk melakukan kesiapsiagaan jika banjir rob semakin tinggi, serta melakukan pendataan wilayah yang terdampak banjir rob,” ujarnya pada Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan telah menginstruksikan BPBD Kabupaten Bekasi dan dinas terkait untuk melakukan penanganan semaksimal mungkin banjir rob di Muaragembong.

“Untuk penanganan Muaragembong, saya sudah instruksikan Kalak BPBD dan dinas terkait untuk melakukan asessment kebutuhan tanggap bencananya,” ujarnya kepada bekasikab.go.id, Sabtu (26/11). 

Dia menyampaikan semua bantuan yang diperlukan akan dikirimkan secara bertahap ke Kecamatan Muaragembong untuk membantu warga terdampak banjir pasang air laut. 

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Siapkan Strategi Ketahanan Pangan Daerah dan Dorong Pasar Desa
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Resmikan PT Virtue Diagnostic Indonesia, Kabupaten Bekasi Siap Penuhi Kebutuhan Alat Kesehatan
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Terima Kunker Pansus 34 DPRD Kabupaten Bangka Tengah
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pemkab Bekasi Bakal Gelar GPM di Wilayah Rawan Pangan
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Video Aksi Perundungan Pelajar SMPN 13 Tambun Selatan Hoaks
PEMERINTAHAN   Mar 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik