Kamis, 18 Agustus 2022

Dinas Pertanian Komandoi Tanam Serempak Kacang Tanah di Bojongmangu

EKONOMI   Jul 11, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.664 Kali


id5163_Compress_20220711_182815_5499.jpg
TANAM SEREMPAK KACANG TANAH : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Nani Suwarni mengadakan kegiatan tanam serempak benih kacang tanah, bersama Kelompok Tani Kembang Ligar, Kampung Bedeng, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, Senin (11/7/2022). FOTO : SONI SUGANDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK.

BOJONGMANGU - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan tanam serempak kacang tanah bersama Kelompok Tani Kembang Ligar, Kampung Bedeng, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, pada Senin (11/7/2022).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni mengatakan, kegiatan tanam serempak kacang tanah itu, untuk mendukung peningkatan produktivitas para petani.

"Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mendapat bantuan dari Kementerian berupa kacang tanah, untuk kita tanam di area kurang lebih 25 hektar," ujarnya.

Nani juga menuturkan, kondisi geografis wilayah Kecamatan Bojongmangu sebagian besar wilayah tadah hujan sehingga untuk tanaman padi hanya bisa ditanam pada musim hujan.

"Maka dari itu, sambil menunggu musim penghujan, kita mengupayakan agar kegiatan budidaya terus berjalan, salah satunya dengan pengembangan budidaya palawija," ungkapnya.

Nani melanjutkan, Kabupaten Bekasi untuk tahap selanjutnya, akan mendapatkan bantuan benih kacang kedelai yang akan ditanam pada area seluas 250 hektar.

"Dan khusus untuk Kecamatan Bojongmangu, kami akan sediakan benih kacang kedelai untuk luas area 100 hektar, tinggal disiapkan aja area tanahnya, agar kedepan kesejahteraan petani dapat meningkat," terangnya.

Nani berharap, Pemkab Bekasi dapat membantu para petani, untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus ada aktivitas budidaya sambil menunggu musim tanam padi berikutnya.

Sejauh ini, kata Nani, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi akan fokus di wilayah Bojongmangu, sebagai pilot project pengembangan budidaya kacang tanah.

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke wilayah yang lainnya di Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Karangmulya, Jaka Suteja, menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah membantu kelompok tani yang ada di Bojongmangu.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa meningkatkan perekonomian petani yang ada di wilayah kami," ujarnya.

Pihaknya berharap, petani yang mendapatkan bantuan bibit kacang tanah, bisa mendapatkan keuntungan dan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami berharap bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa mencukupi kebutuhan hidup dan bisa mensejahterakan para petani yang ada di Desa Karangmulya ini," harapnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Berkomitmen Jaga Kondusifitas Kawasan Industri
EKONOMI   Aug 10, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj. Bupati Bekasi Hadiri Peluncuran Mobil Listrik Buatan Indonesia
EKONOMI   Aug 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Great Sale, Pemkab Bekasi Berikan Diskon 30 Persen Produk UMKM di 36 Outlet
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Targetkan 500 UKM Masuk di Aplikasi Bebeli
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Kunjungi PT Mattel Indonesia
EKONOMI   Aug 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik