Rabu, 19 Juni 2024

Sarasehan Usaha Perikanan

Dinas Perikanan Targetkan Produksi Ikan Kabupaten Bekasi Capai 150 Ribu Ton Per Tahun

EKONOMI   Sep 14, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 917 Kali


id8228_Compress_20230914_184252_2489.jpg


CIKARANG UTARA - Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menggelar saresehan perikanan budidaya yang berlangsung di Hotel Sunnera Antero Jababeka pada Kamis (14/9/2023). 

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Toni Dartoni. 

Kadis Perikanan Kabupaten Bekasi Iman Santoso menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan secara optimal sumber daya ikan dengan memperhatikan daya dukung yang ada dan kelestariannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta meningkatkan taraf hidup pembudidaya ikan kecil. 

"Ya, kegiatan ini untuk memberikan saran serta informasi kepada kami, sebagai bahan untuk program peningkatan produksi ikan, sehingga bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Barat," katanya. 

Iman menargetkan, kebutuhan pangan hewani di Kabupaten Bekasi harus meningkat setiap tahunnya sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk. Sehingga peningkatan budidaya perikanan menjadi sangat penting dalam memenuhi ketahanan pangan dan gizi masyarakat di Kabupaten Bekasi. 

"Saya menargetkan produksi perikanan di Kabupaten Bekasi 150 ribu ton per tahun dan harus meningkat setiap tahunnya maksimal 5 persen, saya yakin tahun sekarang bisa ditargetkan," katanya. 

Iman mengajak para pengusaha dan pembudidaya perikanan, untuk terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang efektif, efisien dan berdaya saing serta berkelanjutan.

"Budidaya perikanan yang berkelanjutan adalah suatu keharusan. Untuk mendukung hal tersebut kami mengajak untuk mengoptimalkan lahan-lahan yang belum produktif dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan," katanya.

Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Toni Dartoni menambahkan, kegiatan sarasehan digelar selama dua hari, pada 14 - 15 September 2023.

"Alhamdulillah peserta sangat antusias mengikuti kegiatan saresehan ini, yang mengikuti sebanyak 70 pelaku usah budidaya ikan yang berada di Kabupaten Bekasi," ujarnya. 

Dirinya berharap para peserta bisa menambah ilmu yang telah disampaikan oleh narasumber, sehingga nanti bisa di implementasikan dalam usaha budidaya ikan. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bernilai Ekonomi Tinggi, Warga Pesisir Muaragembong Kembangkan Budidaya Ikan Air Payau
EKONOMI   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik