Kamis, 18 Agustus 2022

Dinas Perikanan Sedikan 400 Ribu Bantuan Bibit Benih Ikan

PEMERINTAHAN   Jul 4, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.427 Kali


id5107_WhatsApp Image 2022-07-04 at 12.37.57.jpeg
KEPALA DINAS PERIKANAN KABUPATEN BEKASI, HERMAN SUJITO

CIKARANG PUSAT – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menyediakan sebanyak 400 ribu bantuan bibit benih ikan konsumsi kepada masyarakat. Jenis bantuan bibit ikan tersebut mulai dari patin, mujair dan ikan lele.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Herman Sujito setiap tahun permintaan bantuan bibit bisa mencapai rata-rata diangka 500 Ribuan. Namun, karena kendala keterbatasan lahan, Dinas Perikanan maksimal bisa memberikan bibit ikan bantuan per tahunnya mencapai 400 Ribu ekor benih.

“Kalau bicara kemampuan potensi kita terbatas. Sarana prasana terbatas, standar nasional 2 hektar, tetapi di kita satu hektar. Satu hektar seharusnya bisa mengcover tetapi agak lambat, dari sisi waktu,” ujar Herman Sujito yang ditemui diruangannya pada Senin (04/07/2022).

Saat ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi memiliki satu hektar lahan yang digunakan untuk kolam pembenihan. Lokasinya berada di wilayah Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur.

Herman menjelaskan, Dinas Pertanian juga melakukan survey ke lapangan untuk melakukan seleksi kelayakan pemberian bantuan benih ikan tersebut. Misalnya luas kolam 2 meter persegi permintaan bantuan benih bisa mencapai 20 ribu ekor ikan.

“Ini kaitannya dengan animo masyarakat tentang budidaya, memenuhi syarat atau tidak permintaan masyarakat segini, diseleksinya segini,” katanya.

Senada Kabid Perikanan dan Budidaya, Toni Dartoni mengatakan jumlah bibit ikan yang dibudidayakan Dinas Perikanan jumlah mencapai dua kali lipat. Namun, tidak semua bibit ikan tersebut masuk dalam bantuan hibah ke masyarakat.

“Di kita juga ada target retribusi dari penjualan benih itu, target retribusi itu kurang lebih Rp 22 Juta, jadi separoh untuk hibah dan separoh retribusi daerah,” jelas.

Rencananya, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi juga akan merambah pada bantuan benih ikan hias ke masyarakat. Bahkan, tak hanya perikanan saja, tetapi juga pembudidayaan pada hewan-hewan kecil seperti burung, ayam hias dan lainnya.

“Kajiannya tahun depan, modelnya seperti apa, lokasi yang tepat dimana, kolaborasi dengan dinas apa? Selain ikan hias, hewan kecil, ada burung, ayam hias, ya pokoknya ada sarana penunjang, pemancingan juga ada,” harapnya. (*)

REPORTER: FUAD FAUZI

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Karnaval Kendaraan Hias dan Helaran Kecamatan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Minta Warga Berperan Dalam Pemulihan Ekonomi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Bojongmangu Minta Masyarakat Berperan Membangun Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Tamsel Berpesan Jangan Kotori Kemerdekaan dengan Egoisme Golongan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Dani Ramdan Serahkan SK Remisi Bagi Warga Binaan Lapas Cikarang
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik