Sabtu, 26 November 2022

Lomba Kampung Bersih Makin Berani

Desa Sukabungah Hadirkan Inovasi Taman Kawung Luwuk

DESAKU   Aug 5, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 469 Kali


id5350_Compress_20220805_080547_7233.jpg


BOJONGMANGU - Desa Sukabungah terpilih mewakili Kecamatan Bojongmangu dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani tingkat Kabupaten Bekasi yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72.

Camat Bojongmangu, Agung Suganda mengatakan, Desa Sukabungah menampilkan inovasi Taman Kawung Luwuk di Kampung Warudoyong, yang akan dijadikan destinasi wisata untuk para penggemar sepeda (Goeser) dan tempat pemilahan sampah.

"Selama ini Kecamatan Bojongmangu sering menjadi Juara 1 ketika ada perlombaan yang berkaitan dengan lingkungan. Kami juga berharap Kampung Warudoyong bisa menjadi yang terbaik dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tingkat Kabupaten Bekasi," kata Agung saat mendampingi Tim Penilai tingkat Kabupaten Bekasi, di Desa Sukabungah, pada Jumat (05/08/22).

Hadirnya Taman Kawung Luwuk di Kampung Warudoyong, kata Agung, merupakan hasil partisipasi masyarakat, sehingga kampung tersebut tertata rapi, bersih dan aspek keamanannya juga sudah bagus.

"Kami melakukan polesan sedikit saja untuk menambah keindahannya, dan semua ini tidak direkayasa dalam menghadapi lomba saja, tapi karena masyarakat di sini sudah terbiasa, menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan kampungnya sendiri," terangnya.

Sekdes Sukabungah, Didin Hasanudin mengatakan, sejak dulu, masyarakat Kampung Warudong sudah terbiasa menjaga kebersihan dan keamanan kampungnya, dan semangat gotong-royongnya masih terjaga.

"Ya, seperti dalam Lomba Kampung Bersih ini, kami pemerintahan desa, hanya menggerakkan, semua yang kerja, merapikan, semuanya swadaya masyarakat, bahkan di kampung ini setiap malam juga ada ronda malam yang dijadwal secara bergiliran," katanya.

Selama ini, Pemerintah Desa Sukabungah aktif mengedukasi masyarakat agar bisa menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan kampungnya.

"Kami membiasakan ada kegiatan Jumat Bersih, pemerintahan desa turun langsung bersama masyarakat, untuk membersihkan sampah dan saluran air, agar masyarakat terbiasa hidup sehat, menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan kampungnya," kata dia.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Metro Bekasi Silaturahmi dengan Petani Bojongmangu
DESAKU   Oct 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Uji Coba Ketahanan Pangan Desa, Pemdes Sindangmulya Bagikan Sayuran Hidroponik untuk Warga
DESAKU   Oct 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
DPMD Kabupaten Bekasi Usulkan Reward untuk Desa Berprestasi
DESAKU   Oct 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
6 Desa di Kecamatan Bojongmangu Ikuti Monev Pembangunan Desa
DESAKU   Sep 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kisah Heroik Kepala Desa Ciledug, Bantu Nakes Vaksin Warganya
DESAKU   Sep 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik