Kamis, 18 Juli 2024

Musrenbang Tingkat Jawa Barat

Dani Ramdan Pastikan Pembangunan Kabupaten Bekasi Sejalan dengan Agenda Nasional

JAWA BARAT   Apr 22, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 890 Kali


id9476_IMG_20240422_175615.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam rangka penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025, di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (22/4/2024). Foto : Dokpim Pemkab Bekasi.

BANDUNG - Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan memastikan kegiatan pembangunan yang dijalankan di Kabupaten Bekasi sejalan dengan agenda nasional demi mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (22/4/2024).

“Kita memang sinkron dengan apa yang menjadi agenda nasional dan prioritas Kabupaten Bekasi yang intinya membangun kemajuan yang berkelanjutan,” jelas Dani Ramdan.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan pula terkait arah pembangunan, strategi pembangunan jangka panjang dan prioritas Provinsi Jawa Barat tahun 2025, yang nantinya akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menyusun dokumen perencanaan, di samping prioritas dan potensi lokal yang juga menjadi atensi.

“Dua hal itu menjadi pedoman dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Bekasi dan RKPD Kabupaten Bekasi Tahun 2025, di samping prioritas-prioritas dan potensi lokal yang dipandang perlu mendapat atensi di dokumen perencanaan,” imbuhnya.

Dani Ramdan menyampaikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kabupaten Bekasi telah berada di atas rata-rata tingkat nasional dan Provinsi Jawa Barat. Oleh sebab itu, untuk dapat melanjutkan capaian tersebut harus ada transformasi teknologi terkini dari 4 subsektor ekonomi pokok Kabupaten Bekasi, yaitu industri, pertanian, pariwisata, dan UMKM.

“Bagaimana berkelanjutan itu yang akan dituangkan dalam dokumen perencanaan, caranya industrinya harus bertransformasi ke arah teknologi terkini, pertanian juga, pariwisata, dan UMKM. Itu 4 subsektor ekonomi yang paling pokok di Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Selain 4 subsektor tersebut, Pemkab Bekasi juga akan mengokohkan pembangunan berkelanjutan di sektor sumber daya manusia dengan memprioritaskan pendidikan, kesehatan masyarakat, serta penuntasan pengangguran, kemiskinan, dan stunting.

“Keberlanjutan juga harus dari SDM, makanya pendidikan, kesehatan, pengangguran, kemiskinan harus betul-betul dituntaskan termasuk stunting. Itu sedang kita garap tinggal dikokohkan,” ungkapnya.

Sedangkan sektor terakhir yang akan digenjot demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan, yaitu transformasi digital untuk layanan pemerintah maupun swasta. Dengan upaya tersebut, diharapkan kemajuan Kabupaten Bekasi dapat sinkron dengan kemajuan Provinsi Jawa Barat dan tujuan-tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan Indonesia Emas 2045.

“Ini yang kita genjot agar kemajuan Jawa Barat dengan kemajuan Kabupaten Bekasi bisa sinkron dengan tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, memaparkan bahwa pada tahun 2025-2045 Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengedepankan 6 isu strategis, diantaranya Green dan Blue Economy serta pembangunan inklusif, kualitas dan daya saing SDM, kesenjangan pembangunan dan infrastruktur pelayanan, keberlanjutan daya dukung dan daya tampung lingkungan, keberlanjutan penataan ruang, kualitas tata kelola pembangunan.

“Isu strategis pembangunan daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2025-2045 antara lain Green dan Blue Economy serta pembangunan inklusif, kualitas dan daya saing sumber daya manusia, kesenjangan pembangunan dan infrastruktur pelayanan, keberlanjutan daya dukung dan daya tampung lingkungan, keberlanjutan penataan ruang, kualitas tata kelola pembangunan,” ujarnya. (Prokopim Pemkab Bekasi).

Berita Lainnya

Pj Gubernur Jawa Barat Keluarkan Surat Edaran Perketat Izin Study Tour
JAWA BARAT   May 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pastikan Pembangunan Kabupaten Bekasi Sejalan dengan Agenda Nasional
JAWA BARAT   Apr 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik