Rabu, 18 Mei 2022

Camat Karangbahagia Dorong Wilayahnya Menjadi Basis Produksi Pertanian

EKONOMI   Jan 25, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 389 Kali


id4093_IMG_20220125_180344.jpg
Camat Karangbahagia, Karnadi

KARANGBAHAGIA - Kecamatan Karangbahagia merupakan wilayah yang memiliki lahan pertanian yang luas. Karena itu pemerintah setempat terus mengupayakan agar sektor pertanian sebagai basis ekonomi masyarakat tetap eksis.

Camat Karangbahagia, Karnadi mengatakan, untuk mendorong konsep penguatan wilayah pertanian, pihaknya mempertahankan 2 desa, yaitu Karangmukti dan Karangsatu, agar dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tidak mengalami perubahan.

“Kita memberikan konsep, dua desa ini jangan sampai terjadi perubahan RTRW khususnya Desa Karangmukti dan Desa Karangsatu," terang Karnadi di kantornya pada Selasa, (25/01/2022).

Karnadi menjelaskan luas lahan hijau yang ada di Kecamatan Karangbahagia sekitar 2.600 hektar, yang sebagiannya berada di dua desa tersebut dengan luas sekitar 1.200 hektar. Dengan rincian, Desa Karangmukti sekitar 600 hektar, dan Karangsatu sekitar 500 hektar. 

"Untuk desa lain seperti Desa Karangbahagia sekitar 300 hektar dan sisanya ada di Desa Karanganyar dan Desa Karangsetia," terangnya.

Menurut Karnadi, untuk mempertahankan wilayah pertanian harus ada upaya penguatan terhadap Petugas Penyuluh Pertanian di wilayah tersebut.

“Kuatkan saja sumber daya penyuluh pertanian. Ini adalah konsep bagaimana meningkatkan intensifikasi dari pertanian ke depan,” tuturnya.

Karnadi melanjutkan, hasil produksi panen di Desa Karangmukti terbilang cukup produktif. Pada musim tanam lalu tercatat per hektar mencapai 8 ton. Hasil tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan desa lain.

“Alhamdulillah Desa Karangmukti, hasil panennya perhektar 8 ton, Karangsatu 7,5 ton/hektar, Karangbahagia 6,3 ton/hektar dan yang lainnya tidak jauh berbeda dengan Karangbahagia, tapi yang bagus di Karangmukti dan Karangsatu,” jelasnya

Dia berharap ke depan, hasil produksi pertanian di wilayahnya terus meningkat, minimal bertambah 1 ton dari hasil panen saat ini. Hal ini dapat dicapai dengan mengintensifikasikan Petugas Penyuluh Pertanian yang ada di Kecamatan Karangbahagia.

Reporter : Andre M Jafar

Editor       : Yus Ismail

Berita Lainnya

Banyak Relaksasi, Forum UMKM Kecamatan Cibarusah Diharapkan Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi
EKONOMI   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Objek Wisata Danau Tambelang Mulai Menarik Perhatian Wisatawan
EKONOMI   May 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Ikan Bandeng Jadi Perhatian Khusus Disperindag
EKONOMI   Apr 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
MenKop UKM Teten Masduki Buka Bazar Mudik Lebaran 2022 di Rest Area 39A
EKONOMI   Apr 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Lebaran, Omset Penjualan Dodol Betawi di Kabupaten Bekasi Naik 50 Persen
EKONOMI   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik