Jumat, 20 Mei 2022

Camat Cibitung Instruksikan Setiap RW Miliki Bank Sampah

PEMERINTAHAN   Feb 4, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 417 Kali


id4153_Compress_20220204_071518_8387.jpg
Camat Cibitung, Encun Sunarto

CIBITUNG – Camat Cibitung, Encun Sunarto menjadikan RW 18 Perumahan Bekasi Regency, Desa Wanasari sebagai role model dalam pengolahan sampah rumah tangga dengan mengoptimalkan peran bank sampah. 

Bank sampah di RW 18 Perumahan Bekasi Regency dinilai berhasil dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat yang kemudian membuat Kecamatan Cibitung keluar sebagai juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

“Iya saya lihat hadirnya bank sampah di RW 18 ini sangat positif dan memiliki peran yang besar dalam meminimalisir pembuangan sampah ke TPS. Kita melihat banyak sampah-sampah produktif yang bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat,” ucap Encun, Kamis (03/02/22).

Menurutnya, pemerintah kecamatan menginginkan output lingkungan bersih dan sehat ini menular terhadap semua Rukun Warga (RW) yang ada di Kecamatan Cibitung. Sebab pengelolaan bank sampah membawa manfaat besar jika dikelola dengan baik dan dengan treatment yang tepat.

“Sampah-sampah rumah tangga nyatanya jauh bernilai ekonomis. Kita punya inovasi ecoenzime yang didapat melalui fermentasi dari sampah, ecoenzime ini fungsinya seperti desinfektan yang saat ini sedang dilakukan uji lab dan dari PMI pun sudah dikatakan bahwa ini bisa digunakan,” katanya.

Oleh sebab itu, dirinya menginginkan setiap RW di Kecamatan Cibitung memiliki bank sampah yang dikelola secara langsung dengan melibatkan para pengurus RT dan RW, dengan memaksimalkan tempat yang tidak terpakai untuk keperluan bank sampah tersebut.

“Kita berharap setiap RT menjadi unit-unit bank sampah yang kemudian dikumpulkan di masing-masing RW. Kita yakin bahwa inovasi bank sampah di lingkungan warga ini mampu menjadi terobosan yang baik khususnya untuk Kabupaten Bekasi dalam mengurangi volume sampah rumah tangga di TPS,” ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor       : Yus Ismail

Berita Lainnya

Produksi Ikan Bandeng Capai 11 Ribu Ton Per Tahun
PEMERINTAHAN   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Usai Idul Fitri, Satpol PP Gencarkan Penertiban PMKS
PEMERINTAHAN   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Siswa SMA Digembleng Pengawasan Partisipatif
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Akhmad Marjuki Lantik 163 Pejabat Fungsional Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kampung KB Tunas Bangsa Kertarahayu Ikuti Penjurian Tahap II Tingkat Provinsi Jabar
PEMERINTAHAN   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik