Sabtu, 02 Juli 2022

Camat Cibarusah Inginkan Desa Optimalkan Potensi Alam Canangkan Desa Wisata

PEMERINTAHAN   May 18, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.271 Kali


id4760_Compress_20220518_114713_3069.jpg
Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi

CIBARUSAH - Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi menginginkan adanya pemanfaatan potensi alam yang dimiliki oleh masing-masing desa agar dapat dikembangkan dan diberdayakan sebagai produk wisata. Pengembangan desa wisata juga dinilai akan membawa percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya dan ekonomi desa.

"Iya melalui berbagai kesempatan seperti rapat minggon dan lainnya, sudah saya sampaikan bahwa di wilayah kita ada beberapa tempat yang sangat berpotensi jika dijadikan objek wisata, maka dari itu saya mendorong para kades mencanangkan desanya sebagai desa wisata," ucap Kurnaepi, Rabu (18/05/22).

Kurnaepi menyebutkan, seperti misalnya desa-desa yang ada di sekitar Sungai Cipamingkis. Sebab menurut pandangannya, karakteristik alam di sana sudah sangat mendukung, tinggal bagaimana desa memodifikasinya agar objek wisata yang dimiliki berbeda dari desa wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Misal desa yang ada di sebelah timur dari Cipamingkis, ada Desa Sirnajati, Desa Ridomanah, dan Desa Ridogalih. Kondisi alamnya sudah ada perbukitan dan banyak pepohonan, mungkin pelan-pelan bisa melalui anggaran desa atau bekerjasama dengan pihak swasta untuk membangun sarana dan prasarana yang berkualitas," katanya.

Melihat kondisi yang ada, memang benar jika di beberapa wilayah khususnya di tiga desa tersebut seringkali dijadikan sebagai trek bagi para penghobi sepeda yang bergerak secara rombongan. Area pesawahan, hutan bambu, serta banyaknya pepohanan yang teduh, dan jembatan bambu yang sangat fotogenik membuat trek tersebut sebagai tempat langganan mereka.

Dirinya juga menambahkan, efek domino yang dapat dirasakan oleh desa jika berhasil memanfaatkan sumber potensi alam yang ada. Maka desa tersebut akan memiliki sumber PAD tambahan serta menambah sumber kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

"Saya akan terus mencoba menjadi trigger (pemicu) agar desa-desa yang ada di Kecamatan Cibarusah memanfaatkan potensi yang ada. Sebab sayang sekali jika alamnya sudah mendukung tapi tidak dieksplorasi dengan optimal demi menambah kesejahteraan masyarakatnya," tambahnya.

Camat Cibarusah sendiri pun optimis jika daerah tersebut nantinya akan berkembang mengingat kendala infrastruktur yang dalam hal ini adalah akses jalan milik Kabupaten Bekasi dari Kecamatan Cibarusah menuju ketiga desa tersebut akan dilakukan perbaikan pada tahun ini.

"Alhamdulillah, rencananya jalan tersebut menjadi salah satu realisasi dari Musrenbang tahun ini," ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pancoranmas Masuk Final Top 99 Kompetisi Inovasi Kemenpan-RB
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
58 Qori-Qoriah Ikuti MTQ Tingkat Kecamatan Sukatani
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
40 Perusahaan Siap MoU dengan Pemkab Bekasi untuk Serap Tenaga Kerja Lokal
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik