Rabu, 01 Desember 2021

BPBD Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Sukawangi

PEMERINTAHAN   Nov 19, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 132 Kali


id3696_IMG_20211119_224159.jpg
SIAGA BENCANA : Tim BPBD Kabupaten Bekasi saat menggelar Apel Siaga Bencana 2021 yang dipimpin Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki, di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Rabu (17/11/21).

SUKAWANGI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana banjir untuk aparatur Desa di wilayah Kecamatan Sukawangi.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Bekasi, Syamhuri mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk melatih para aparatur desa dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana, yang kemungkinan akan terjadi.

"Saat ini kan sudah memasuki musim penghujan, ada kemungkinan Kabupaten Bekasi akan mengalami banjir. Kita berikan pelatihan untuk aparat desa, diberi pembekalan dan pengetahuan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan saat adanya bencana, sehingga saat bencana terjadi mereka sudah siap meminimalisir dampak dari bencana tersebut," kata Syamhuri, Jumat (19/11/21).

Pelatihan kesiapsiagaan bencana ini akan dilakukan serentak di 23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi, karena dinilai sangatlah penting, mengingat sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi rawan bencana.

"Berdasarkan data tahun sebelumnya, Kabupaten Bekasi mempunyai risiko sedang hingga tinggi terkait dengan kemungkinan terjadinya bencana alam,”tambahnya.

Selain memberikan pelatihan kesiapsiagaan bencana, Syamhuri meminta semua desa yang rawan bencana untuk menyiapkan peralatan tanggap darurat sesuai kemampuan anggaran yang ada.

Sementara itu Plt. Kasi Satpol PP Kecamatan Sukawangi, Amo Katmojo mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya pelatihan kesiapsiagaan bencana dari BPBD Kabupaten Bekasi. Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut, personil Satgas bisa lebih siap mengantisipasi bencana.

"Kita sangat mendukung penuh adanya pelatihan kesiapsiagaan bencana yang diadakan oleh BPBD Kabupaten Bekasi. Karena dengan adanya pelatihan ini personil satgas paham apa yang harus dilakukan saat bencana alam terjadi,”ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat Sukawangi untuk mewaspadai ancaman banjir seiring dengan kondisi hujan di beberapa daerah yang intensitasnya mulai meningkat dan berdampak pada meluapnya air sungai.

Reporter : Ike Sopiah

Editor     : Yus Ismail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Plt Bupati Bekasi Mengambil Sumpah/Janji 464 PNS di Lingkungan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan
PEMERINTAHAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik