Jumat, 03 Februari 2023

Aplikasi Tryout CASN Jabar Diluncurkan, Pemkab Bakal Buka Pendampingan Bagi Peserta

PEMERINTAHAN   Sep 11, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 923 Kali


id5646_Compress_20220912_171707_7630.jpg
Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Grand Launching Aplikasi Tryout CASN Jabar Juara, yang digelar di Hotel Santika, Kota Bekasi, Sabtu (10/9).

KOTA BEKASI - Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Grand Launching Aplikasi Tryout CASN Jabar Juara, yang digelar di Hotel Santika, Kota Bekasi, Sabtu (10/9). 

Dani menyebutkan, dengan hadirnya aplikasi tersebut merupakan sebuah inovasi yang luar biasa dalam memberikan layanan bagi para Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) guna memperoleh CASN yang berkualitas untuk generasi yang akan mendatang.

“Ini sebuah inovasi yang sangat keren dari BKD Provinsi Jawa Barat memberikan layanan bagi CASN, agar kita memperoleh CASN yang berkualitas diberikan layanan, bimbingan, dan latihan soal seperti ini. Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Bekasi juga bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi ini,” katanya.

Dikatakan Dani, sebanyak 25 peserta dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mengikuti Tryout yang diselenggarakan secara offline tersebut. 

Dengan begitu, Pj. Bupati berharap kontribusi yang diberikan para CASN maupun PPPK nantinya mendorong mewujudkan pegawai yang semakin melek digital untuk mampu menjadi digital leader di zaman 4.0. 

“Generasi ASN mendatang, harus benar-benar melek digital dan mampu menjadi digital leader. Test dan daftarnya saja sudah pakai online artinya melek digital sudah menjadi wajib, meskipun mereka jadi guru, penyuluh pertanian, harus mengajar melalui digital,” katanya.

Pemkab Bekasi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan memberikan bimbingan sosialisasi maupun pendampingan bagi para CASN Kabupaten Bekasi yang mengikuti seleksi.

“Kalau programnya sudah ada, CASN ini tinggal dimanfaatkan saja, kalau kita mungkin akan mendesain untuk bimbingannya bersama BKD jadi selain test ada bimbingannya seperti ke perguruan tinggi.” ujarnya.

Menurut Kepala BKPSDM, Abdillah Majid saat ini kebutuhan ASN di Kabupaten Bekasi untuk Guru sebanyak 1.020 orang, dan untuk Non Guru sebanyak 325 orang ditahun 2022. 

Ia menyampaikan, ketika dimulai pembukaan CPNS pada Oktober mendatang, dipastikan minat masyarakat ikut test CPNS dan PPPK akan meningkat, hal ini juga terlihat dari pendataan ASN honorer yang ada di Pemkab Bekasi sekarang sebanyak 16.000.

“Kalau untuk PNS Guru 1.020 orang, untuk Non Guru seperti tenaga kesehatan dan lainnya 325 orang tahun 2022. Alhamdulillah peminatnya banyak, dilihat dari proses pendataan Non ASN yang sedang kita lakukan saja ada 16.000. Dibuka CPNS sekitar bulan Oktober mendatang.” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan aplikasi Tryout CASN Jabar ini dilatarbelakangi dengan dorongan mewujudkan negara maju yang dicirikan melalui tiga hal. 

“Kenapa kami sibuk membuat program seperti ini, karena ciri negara maju di seluruh dunia ukurannya ada 3, pertama ekonomi dan infrastukurnya, kedua SDM nya harus selalu berkualitas, tingkat pendidikannya harus luar biasa dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, ketiga reformasi birokrasi yang dilakukan secara terus menerus,” tandasnya.

CASN Juara yang diluncurkan Gubernur Ridwan Kamil hadir untuk memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ia mengungkapkan, pendaftar CPNS dan PPPK tahun 2021 sebanyak 4.030.773 sedangkan formasi CPNS dan PPPK tahun 2021 sebanyak 707.622.

“Antusias masyarakat terus meningkat pastinya untuk mengikuti test CPNS dan PPPK ini, ditahun 2021 saja pendaftarnya sudah sebanyak 4 juta, terlebih di tahun ini. Diharapkan aplikasi ini bisa membantu dan dimanfaatkan dengan baik, selamat mengerjakan dan istiqomah selalu.” ungkapnya.

Kepala BKD Jabar, Yerry Yanuar menjelaskan total peserta yang mengikuti test pada hari ini sebanyak 10.000 orang yang dibagi menjadi dua, sebanyak 360 orang mengikuti secara langsung, dan sebanyak 9.640 orang mengikuti secara online, terdiri dari tenaga Non ASN Provinsi Jawa Barat dan masyarakat umum. 

“Test pada hari ini diikuti oleh 10.000 orang yang melakukan secara online dan offline, terdiri dari tenaga Non ASN Provinsi Jawa Barat dan masyarakat umum.” jelasnya.

Untuk diketahui, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat menginisiasi sebuah platform tryout online berbasis website yang dinamai CASN Juara. CASN Juara membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas pegawai. CASN Juara bisa diakses siapa pun, tidak hanya di Jabar tapi seluruh Indonesia.  

Selain dapat digunakan untuk tryout CPNS/PPPK, CASN Juara menawarkan fitur lainnya seperti soal latihan, perkembangan diri melalui grafik, hingga peringkat. Terdapat lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis.

CASN Juara juga menyajikan pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional seperti Humas, Penyuluh Pertanian, Guru, Statitasi, dan lain-lain. Pejuang CPNS juga bisa mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. (Prokopim Pemkab Bekasi). 

 

Berita Lainnya

Launching Program Gematapas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jalin Sinergi dengan Komunitas Medsos, Diskominfosantik Gelar Ngobak
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
107 Kilometer Jalan Akan Dibangun Pemkab Bekasi di Tahun 2023
PEMERINTAHAN   Feb 2, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik