Minggu, 28 November 2021

TP PKK Kabupaten Bekasi Gelar Workshop Ecoprint

EKONOMI   Nov 11, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 165 Kali


id3635_IMG_20211111_133341.jpg


"Ecoprint adalah seni memindahkan motif dari alam seperti daun yang dilakukan terhadap media kain, pashmina, hijab, mug, tumbler dan yang lainnya,"

CIKARANG PUSAT - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi menggelar workshop peningkatan kapasitas kader PKK dengan tema "ecoprint seni membuat motif kain dari alam", yang berlangsung semi virtual di Command Center Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, pada Kamis (11/11/21).

Acara yang diikuti para kader PKK tingkat kecamatan dan desa se-Kabupaten Bekasi itu menghadirkan pembicara pengrajin UKM Ecoprint, Asri Ningtyas dari Godong Asri, yang juga dihadiri Ibu Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bekasi, Yaya Herman Hanapi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka mendorong ekonomi kreatif para kader PKK dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar.

"Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat ekonomi dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga serta dapat mendorong ekonomi kreatif dengan memanfaatkan alam sekitar, yang secara langsung dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, menyampaikan, pemberdayaan tentang ecoprint memang sedang menjadi trend di dunia masa kini karena dinilai ramah lingkungan. 

"Oleh karena itu produk kreatif berbasis bahan-bahan alami akan menjadi kekuatan ekonomi yang semakin penting," ujarnya.

Ia berharap, para kader PKK di Kabupaten Bekasi tidak berhenti berinovasi dan dapat memanfaatkan ekonomi ecoprint sebagai alternatif untuk meningkatkan ketahanan keluarga di masa pandemi. 

Sementara itu Asri Ningtyas sebagai pembicara mengungkapkan, ecoprint adalah seni memindahkan motif dari alam seperti daun, dengan pewarna dari batang kayu dan biji-bijian yang tidak menghasilkan limbah di akhir produksinya.

"Seni ecoprint dapat dilakukan terhadap berbagai media, seperti kain, pashmina, hijab, mug, tumbler dan yang lainnya," katanya.

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, semua ecoprinter wajib menanam sebelum memetik daunnya, karena regenerasi dari daun dan pohon juga harus dijaga.

Ia berharap ke depan produk ecoprint bisa dicintai masyarakat Indonesia. Karena bisa membantu peremajaan tumbuh-tumbuhan dan mengurangi limbah.

"Jadi sambil menambah ekonomi keluarga kita juga ikut menjaga lingkungan," ucapnya.

Reporter : Ulli Cholisna

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

UMK Kabupaten Bekasi 2022 Diusulkan Naik 5,5 Persen
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Perikanan Gelar Bazar Kuliner Olahan Ikan
EKONOMI   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bank BJB Dukung Pemkab Bekasi Majukan UMKM
EKONOMI   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Adakan Gebyar Penciptaan UMKM Bekasi Keren
EKONOMI   Nov 22, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ketua TP-PKK Hadiri Workshop Hari Pangan Sedunia Ke-41 Tingkat Kabupaten Bekasi
EKONOMI   Nov 19, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik