Minggu, 04 Desember 2022

Tingkatkan Peringkat SAKIP dan RB, Pemkab Bekasi Terapkan Reward dan Punishment untuk Perangkat Daerah

PEMERINTAHAN   Jun 21, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 289 Kali


id5029_Compress_20220621_164027_7923.jpg
Foto : Prokopim Pemkab Bekasi

CIKARANG PUSAT - Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, akan menerapkan sistem penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) bagi Perangkat Daerah yang mencapai target penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Hal itu bertujuan agar penilaian SAKIP dan RB Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat mencapai target yang diinginkan, yakni minimal B.

"Kita terapkan reward bagi Perangkat Daerah yang bisa mencapai target yang sudah ditetapkan, dan punishment bagi yang belum mencapai target," ucap Pj. Bupati Bekasi, usai membuka Rapat Akselerasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB), bertempat di Ruang Rapat Bupati, Gedung Bupati Bekasi, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Senin (20/6).

Ia menjelaskan reward yang akan diberikan pada Perangkat Daerah apabila berhasil memenuhi target yang telah ditentukan, yakni berupa piagam penghargaan serta prioritas dalam penganggarannya. Sedangkan punishment yang akan diberikan salah satunya berupa pergantian pejabat di Perangkat Daerah tersebut.

"Rewardnya selain penghargaan dan piagam, sisi anggarannya juga bisa diprioritaskan. Sedangkan punishmentnya penggantian pejabat atau tindakan-tindakan lebih lanjut," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan langkah yang diambilnya guna memaksimalkan peningkatkan penilaiannya, yaitu dengan membagikan peran pada setiap Perangkat Daerah, pembagian waktunya, serta sistem pelaporan setiap bulannya, sesuai dengan rekomendasi hasil penilaian SAKIP dan RB tahun 2021 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami sudah bagikan peran setiap Perangkat Daerahnya berdasarkan rekomendasi yang telah diterima. Kita tentukan waktunya dan laporannya setiap sebulan sekali," terangnya.

Dengan begitu, diharapkan masing-masing Perangkat Daerah menerapkan langkah-langkah yang telah ditentukan dan dapat lebih termotivasi lagi dalam meningkatkan penilaian SAKIP dan RB Pemkab Bekasi.

"Mudah-mudahan semua Perangkat Daerah jadi lebih termotivasi lagi dalam meningkatkan hasil penilaian SAKIP dan RB, dan jangan sampai ada yang dapat punishment-nya," harapnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, Asisten Administrasi Umum Edi Rochyadi, serta jajaran Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bekasi. (Prokopim Pemkab Bekasi). 

Berita Lainnya

Raih PNBP Tertinggi, Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Diganjar Penghargaan dari Kementerian
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kodim 0509 bersama TNI/Polri dan Perangkat Daerah Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Proses Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional Masuk Tiga Besar
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik