Sabtu, 27 November 2021

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Bekasi Dorong PDAM Kerjasama dengan Pihak Swasta

PEMERINTAHAN   Sep 29, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 5.309 Kali


64IMG_20210929_210038.jpg


CIKARANG PUSAT - PDAM Tirta Bhagasasi didorong agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mulai dari kualitas pelayanan air bersihnya, respon terhadap komplain pelanggan semakin cepat dan kebocoran pipa sambungan air semakin berkurang. 

Hal ini disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat bertindak sebagai pembina apel di HUT PDAM Tirta Bhagasasi ke-40 yang digelar di pelataran kantor pusatnya di Jl. Kalimalang, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat pada Rabu (29/09). 

"Dengan keterbatasan APBD, Pemkab Bekasi akan mendorong agar PDAM bisa bekerjasama dengan pihak swasta untuk peningkatakan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Dani berharap, kerjasama ini saling menguntungkan meskipun ada margin yang tidak optimal kepada pemerintah daerah. 

"Nah ini yang harus dipahami para pengambil keputusan seperti dewan, jadi harus diprioritaskan bahwa membuka kerjasama dengan swasta untuk meningkatkan pelayanan PDAM ke masyarakat," katanya. 

Meski begitu, Dani yakin, PAD akan meningkat jika pelanggan PDAM semakin banyak dan biaya investasi ke perusahaan air minum plat merah itu sudah tertutupi.

Tak hanya itu, Pj Bupati Bekasi juga mengapresiasi pencapaian yang telah diterima PDAM Tirta Bhagasasi seperti peraih penghargaan TOP BUMD terbaik. Harapannya agar PDAM bisa terus mengingkatkan pelayanannnya dengan baik. 

"Ini menjadi indikator yang baik dan menambah motivasi. Segala prestasi tidak datang dengan sendirinya tetapi semua hasil dari kerja keras, iklas dan tuntas. Dan harus mempertahankannya lebih kerjas lagi karena mencapainya lebih mudah tetapi mempertahankannya cukup sulit,” paparnya. 

Menyinggung soal penyertaan modal, Pj Bupati Bekasi mempertimbangkan sesuai dengan kemampuan APBD 2022. Apalagi, sudah banyak permintaan masyarakat untuk menjadi pelanggan baru yang harus dilayani PDAM Tirta Bhagasasi. 

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim menjelaskan, sesuai dengan bisnis plan PDAM Tirta Bhagasasi, pada tahun 2023 menargetkan cakupan layanan air bersih sebesar 70 persen di Kabupaten Bekasi. 

Untuk merealisasikan hal tersebut, badan usaha milik daerah ini membuka opsi kerja sama dengan pihak swasta untuk melebarkan layanan.

"Prinsipnya saling menguntungkan antara PDAM dan investor sehingga cakupan pelayanan dapat ditingkatkan,” tandasnya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik