Jumat, 29 Maret 2024

SLBN Kabupaten Bekasi Siapkan Kuota Terbatas pada PPDB Tahun Ajaran 2023/2024

PENDIDIKAN   Jun 6, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 817 Kali


id7383_Compress_20230606_202604_4226.jpg


SERANG BARU - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Bekasi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SD, SMP, dan SMA Tahun Ajaran 2023/2024 secara online dengan kuota kursi terbatas. 

Kepala Sekolah SLBN Kabupaten Bekasi, Sofia Syamsuni menyampaikan, hari pertama PPDB dibuka, animo masyarakat yang mendaftarkan putra/putrinya ke SLBN Kabupaten Bekasi cukup banyak. Baik melalui pendaftaran secara online maupun orangtua yang datang langsung ke sekolah. 

"Perhari ini tanggal 06 Juni 2023, tercatat dalam Data Administrator Online PPDB SLBN Kabupaten Bekasi sudah ada 39 pendaftar, sedangkan kuota kursi yang kami sediakan sangat terbatas," kata Sofia di kantornya, Selasa (06/06/2023)

Sofia menjelaskan, SLBN Kabupaten Bekasi untuk tahun ajaran 2023/2024 ini hanya menyediakan 21 kursi untuk siswa baru tingkat SD hingga SMA. 

"Untuk SD Kelas 1 Tuna Rungu 5 kursi, SD Kelas 1 Tuna Grahita atau Autis 5 kursi, SMP Kelas 7 Tuna Grahita 5 kursi, SMP Kelas 7 Tuna Rungu 3 kursi, SMA Kelas 10 Tuna Rungu 2 kursi dan SMA Kelas 10 Tuna Grahita 1 kursi," terangnya. 

Sofia menuturkan, penerimaan siswa SLBN dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Berbeda dengan sekolah umum lainnya, kata dia, Pertama, para orangtua mendaftar secara online dengan mengisi semua berkas serta mengupload file yang dibutuhkan.

"Kalau misalkan tidak memiliki (hasil tes IQ dan tes Bera), kita permudah supaya tidak sulit dan memberatkan orangtua karena biaya tes tersebut harganya cukup mahal. Yakni dengan meminta surat keterangan dari Puskesmas yang menerangkan bahwa anak ini mengalami hambatan apa. Salahsatunya melalui kerjasama dengan Puskesmas Sukadami, kita infokan akan datang calon peserta didik untuk meminta surat keterangan" jelasnya. 

Setelah berkas data lengkap, kata Sofia, SLBN akan mengkonfirmasi kepada orangtua dengan mengirimkan form pendaftaran yang tertera di dalamnya barcode whatsapp grup PPDB di sekolah untuk kemudian diinformasikan jadwal asesmen calon siswa tersebut. 

"Nanti tanggal 13-16 Juni akan dilaksanakan asesmen. Kita nilai dari segi sikap dan performance anak, kesiapan mereka, mana yang lebih siap, mana usianya yang lebih tua. Karena yang usia lebih tua kesempatan sekolahnya semakin sempit jadi ada pertimbangan kesana juga. Setelah itu pengumuman hasil PPDB ini tanggal 20 Juni serentak dengan sekolah umum lainnya," ungkapnya.

Sofia juga berpesan kepada orangtua siswa yang anaknya belum bisa diterima di SLBN Kabupaten Bekasi tahun ini agar tidak pesimis. Ia menyebutkan masih ada alternatif lain untuk mendapatkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, baik dengan bersekolah di sekolah swasta ataupun di sekolah inklusi yang berada di sekitar Kabupaten Bekasi. 

"Kami siap mendampingi sekolah inklusi dan sekolah reguler yang menerima anak berkebutuhan khusus yang berada di Kabupaten Bekasi. Di SLBN ini kami menjadi pusat sumber belajar, sebagai pendamping dalam edukasi mengenai kebutuhan khusus kepada pelajar serta guru," ungkapnya

Sofia berharap, kedepan pemerintah dapat memberikan perhatian lebih khususnya untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) ini terutama dengan memberikan sejumlah tenaga pengajar yang memadai serta penambahan fasilitas berupa gedung kelas yang saat ini jumlahnya masih terbatas.

Reporter : Arif Tiarno

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Komisi X DPR RI Apresiasi Pemkab Bekasi Tangani dan Cegah Bullying di Sekolah
PENDIDIKAN   Mar 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba FLS2N Tingkat Kecamatan Cikarang Utara
PENDIDIKAN   Mar 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Polsek Cibarusah Gandeng Sekolah Antisipasi Kenakalan Pelajar
PENDIDIKAN   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tumbuhkan Minat Baca, SMAN 1 Sukakarya Gelar Kegiatan Literasi Dua Kali dalam Sepekan
PENDIDIKAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
17 Peserta dari Sekolah Terpilih, Ikuti Pameran Literasi Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Feb 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik