Kamis, 18 Juli 2024

Sekolah Berbudaya Lingkungan, Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jawa Barat Apresiasi SDN Kertajaya 01

PENDIDIKAN   Sep 6, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.657 Kali


id8132_Compress_20230906_064015_5317.jpg


PEBAYURAN - Tim Verifikasi Lapangan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan serta penilaian ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kertajaya 01, Kecamatan Pebayuran,pada Selasa, (05/09/2023).

Ketua Tim Penilaian Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tingkat Provinsi Jawa Barat, Ermawan Dalisaputra memberikan apresiasi dan semangat kepada SDN Kertajaya 01 yang telah melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) sebagai upaya dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

"Kalau dilihat secara fisik lingkungannya memang sudah terjaga dan cukup baik. Kami harap sekolah ini harus terus ada pembinaan untuk bisa lolos ke tingkat provinsi maupun selanjutnya ke tingkat nasional,"

Dia menyebutkan, sejumlah hal yang menjadi kelebihan dari sekolah ini yakni kolaborasi dan sinergi yang apik dari berbagai unsur pentahelix. Di sisi lain menurut dia, ada beberapa hal administrasi yang perlu penyempurnaan seperti dokumentasi serta laporan tentang sampah agar lebih konkret.

"Sekolah ini sudah ada kolaborasi secara pentahelix yang melibatkan beberapa unsur yang mungkin berbeda dari lainnya. Mulai dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, PT Hitachi, Korwil Pendidikan, Kwarcab, Badan Penyuluhan Pertanian, Akademisi serta unsur terkait lainnya yang masuk di dalamnya. Itu sangat luar biasa dan ini menjadi potensi untuk bisa dikembangkan ke tingkat yang lebih bagus," ucapnya.

Dia menambahkan, secara umum tim penilai memastikan aspek-aspek yang menjadi kriteria penilaian di antaranya kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penghijauan, konservasi air, dan potensi inovasi lingkungan hidup yang berada di lingkungan sekolah.

"Kami mengapresiasi betul sekolah maupun pihak lainnya yang sudah terlibat di dalamnya. Yang paling penting bagaimana sekolah bisa mempertahankan kondisi seperti ini untuk mendukung budaya lingkungan hidup, yang tidak hanya pada saat ada penilaian tetapi memang terus berkelanjutan," tambahnya.

Dia berharap, budaya lingkungan hidup bisa menjadi gaya hidup bagi para siswa maupun masyarakat. Sehingga, bisa menciptakan kebiasaan positif kehidupan sehari-hari bagi seluruh warga sekolah.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Kertajaya 01, Dede Sumarna menuturkan, pihaknya optimistis SDN Kertajaya 01 dapat meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Optimisme tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (PBLHS) yang menjadi habit sehari-hari.

"Kami optimis karena untuk aspek lingkungan sudah oke dan ke depannya kita akan tingkatkan kembali terutama di bidang administrasinya. Disisi administrasi setelah diverifikasi ternyata hanya sedikit yang perlu diperbaiki" tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan Adiwiyata sangat membawa dampak positif bagi anak didiknya. Tentunya hal tersebut menjadikan lingkungan sekolah sebagai pelopor peduli dan cinta akan lingkungan.

"Untuk segi lingkungan sudah baik, hanya untuk administrasi saja yang perlu dilengkapi seperti foto yang harus dilengkapi dengan nama-namanya kemudian pelaporan tentang sampah berapa per-hari dan per-bulannya," tambahnya.

Dia berharap, SDN Kertajaya 01 mampu meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi Jawa Barat maupun berlanjut ke tingkat Nasional.

"Untuk siswa harus terus semangat dalam menjalankan PBLHS di sekolah, begitu juga para guru dan wali murid selaku tim Adiwiyata sekolah tetap berusaha untuk saling bekerjasama dengan sekolah untuk selalu mendukung dan melaksanakan sekolah berbudaya lingkungan ini," tandasnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Umumkan 2.068 Orang Daftar Beasiswa Bantuan Pendidikan Pintar
PENDIDIKAN   Jul 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kesbangpol Berikan Penghargaan Sekolah Juara LKBB ke-23
PENDIDIKAN   Jul 3, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bantuan Pendidikan Pintar, Nawawi Al-Aksi Apresiasi Pemkab Bekasi Dorong Pemuda Raih Gelar Sarjana
PENDIDIKAN   Jul 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hidupkan Tradisi Ngaji Selepas Maghrib, Camat Muaragembong Luncurkan Program Gema Magadir
PENDIDIKAN   Jul 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawa Inovasi Refill Station Smart Eco, Inovator Kabupaten Bekasi Siap Melaju ke Tingkat ASEAN
PENDIDIKAN   Jun 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik