Kamis, 06 Oktober 2022

Rayakan HUT RI ke-77, Ribuan Warga Kelurahan Wanasari Meriahkan Karnaval dan Pesta Rakyat

PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 277 Kali


id5519_Compress_20220818_191246_6627.jpg
KARNAVAL KELURAHAN WANASARI : Ribuan Warga Kelurahan Wanasari tumpah ruah mengikuti Pesta Rakyat dan Karnaval Kelurahan Wanasari Meriahkan Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/08/22). / Foto : Nurachman Akbar

CIBITUNG - Ribuan warga Kelurahan Wanasari berbondong-bondong turun ke jalan menyaksikan dan mengikuti karnaval bertema “Bhineka Tunggal Ika". Dengan mengenakan pakaian adat lintas daerah dan memakai kostum masa perjuangan, mereka berjalan dan menaiki kendaraan hias 

Lurah Wanasari, Sarkum mengatakan, kegiatan bertajuk Pesta Rakyat dan Karnaval Kelurahan Wanasari tersebut merupakan wadah untuk mengekpresikan semarak perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Setelah dalam kurun waktu 2 tahun lamanya kegiatan itu tak sempat dirayakan akibat adanya pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah kita bisa merayakan HUT RI ke-77 ini dengan bebas dan meriah karena pandemi sudah mulai melandai. Sesuai dengan arahan Pak Pj Bupati Bekasi agar kegiatan di wilayah lebih meriah dan masyarakat bahagia," ucap Sarkum, seusai membuka kegiatan Pesta Rakyat dan Karnaval Kelurahan Wanasari, Rabu (17/08/22).

Sejak pagi, warga Kelurahan Wanasari dari 26 RW memadati sepanjang jalan Perumahan Bekasi Regensi 1 yang menjadi titik awal keberangkatan Karnaval Kelurahan Wanasari. 

Acara Karnaval tersebut dibuka langsung oleh Camat Cibitung Encun Sunarto, usai memimpin Upacara HUT RI ke-77 tingkat kecamatan Cibitung. 

Tatkala bendera start diangkat, seluruh peserta karnaval secara bergantian mulai berjalan menuju titik akhir yang berada di Lapangan Sepakbola di depan Kantor Kelurahan Wanasari.

Terlihat pernak-pernik semarak kemerdekaan ditampilkan dan dikenakan oleh setiap peserta karnaval. Ada yang mengusung tema perjuangan di masa penjajahan, ada yang mengusung tema kebudayaan, hingga ada juga yang mengusung tema dari berbagai profesi yang ada di Kelurahan Wanasari.

"Tema Bhineka Tunggal Ika ini merupakan wujud atau gambaran Kelurahan Wanasari yang terdiri dari beragam budaya, bahkan 26 RW yang mengikuti karnaval dari jumlah total sebanyak 43 RW, setiap Ketua RW beserta istri memakai baju adat dari daerahnya masing-masing," katanya.

Ratusan warga yang menjadi peserta karnaval tersebut kemudian bergabung dengan warga lainnya yang telah menunggu di Lapangan Sepakbola Kelurahan Wanasari. 

Sebuah panggung berukuran sedang berdiri di tengah lapangan. Tak jauh dari panggung, tampak sebanyak 14 tiang bambu setinggi kurang lebih 5 meter untuk lomba panjat pinang, dengan berbagai hadiah di atasnya. 

"Sesuai slogan Kelurahan Wanasari yakni Bersama Kita Bisa atau Berkisa, dengan jumlah penduduk yang majemuk, diharapkan dapat bersatu padu membangun wilayah Kelurahan Wanasari semakin maju lagi," kata Sarkum.

Semangat dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan, terlihat dari raut-raut wajah warga yang hadir. Mereka begitu antusias mengikuti rangkaian acara meski matahari sedang terik-teriknya. 

Suasana semakin pecah dan meriah ketika panggung hiburan dimulai, dengan menampilkan seni betawi yakni Topeng Bekasi Bang Maja.

"Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan masyarakat terlihat senang dan bahagia, sesuai dengan ucapan Gubernur agar masyarakat Kabupaten Bekasi jangan lupa bahagia," tutup Sarkum.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor       : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

BPBD Perkuat Sinergi dengan FPRB dan Destana dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Optimistis Kabupaten Bekasi Hattrick Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Laporan Kinerja Pj Bupati Bekasi ke Mendagri Dinilai Baik dan Memadai
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Siaga Bencana, Pemkab Bekasi Optimalkan Peran Destana dan FPRB
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau ASN Beli Produk dari Toko Daring Bebeli
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik