Minggu, 04 Desember 2022

Produksi Ikan Bandeng Capai 11 Ribu Ton Per Tahun

PEMERINTAHAN   May 20, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.836 Kali


id4783_WhatsApp Image 2022-05-19 at 16.03.55.jpeg
Pedagang Ikan . (ILUSTRASI)

CIKARANG PUSAT – Ikan Bandeng menjadi salah satu andalan hasil perikanan untuk konsumsi dari Kabupaten Bekasi. Tahun 2021 saja, mencatat produksi Ikan Bandeng di Kabupaten Bekasi mencapai 11.607 ton per tahunnya.

Menurut Kabid Perikanan dan Budidaya pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Toni Dartoni jumlah produksi Ikan Bandeng tersebut dapat mencukupi kebutuhan wilayah Kabupaten Bekasi. Bahkan juga memenuhi kebutuhan beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Kota Bekasi.

“Produksi Ikan Bandeng dihampir semua kabupaten pesisir utara, jadi untuk Jabodetabek insya Allah terpenuhi,” ujar Toni Dartoni pada Jumat (20/05/2022).

Toni menjelaskan untuk bantuan pemerintah daerah kepada para peternak ikan bandeng mencapai Rp 200 Juta berupa benih dan pakannya. Saat ini, baru ada empat kelompok binaan yang mendapatkan bantuan dengan total keseluruhan 20 kelompok peternak Ikan Bandeng.

“Baru 4 kelompok binaan dinas yang bisa dibantu dari 20 kelompok binaan. Total kelompok 87 kelompok untuk petani tambak, bantuan kurang lebih senilai Rp 200 Juta untuk benih dan pakan,” katanya.

Sebelumnya, kebutuhan bandeng meningkat menjelang hari raya besar seperti Idul fitri. Pada momentum lebaran, biasanya konsumsi masyarakat lokal Kabupaten Bekasi akan Ikan Bandeng meningkat.

Ikan Bandeng Kabupaten Bekasi juga dikenal masyarakat luar tak memiliki bau dibanding dari hasil ternak bandeng wilayah lainnya. Bahkan, ikan bandeng Kabupaten Bekasi juga menjadi buruan masyarakat pada saat perayaan imlek.

“Jenis ikan bandeng dari Kabupaten Bekasi itu banyak keunggulannya dibanding wilayah lain, makanya bandeng Kabupaten Bekasi lebih banyak diburu atau dibeli untuk konsumsi, baik diperayaan hari besar atau hari biasa,” tandasnya. (*)

REPORTER: FAUD FAUZI

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Raih PNBP Tertinggi, Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Diganjar Penghargaan dari Kementerian
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kodim 0509 bersama TNI/Polri dan Perangkat Daerah Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Proses Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional Masuk Tiga Besar
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik