Rabu, 19 Juni 2024

Pj Bupati Bekasi : Hadirnya Pabrik Daur Ulang Botol Plastik Kurangi Beban Sampah di TPA

PEMERINTAHAN   Feb 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.256 Kali


id6610_Compress_20230208_172927_7658.jpg
PERESMIAN PABRIK DAUR ULANG BOTOL PLASTIK : Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, meresmikan fasilitas daur ulang ulang botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET), PT Amandina Bumi Nusantara (Amandina), di Kawasan Industri GIIC Cikarang, Cicau, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (8/2 /2023). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meresmikan pabrik daur ulang botol plastik berjenis polyethylene terephthalate (PET) Amandina Bumi Nusantara, di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) Kota Deltamas, Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Rabu, (8/2/2023).

Dani Ramdan mengatakan, dengan adanya pabrik daur ulang botol plastik di Kabupaten Bekasi, diharapkan bisa mengurangi beban pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah. 

"Ya, sehingga nanti, khusus untuk sampah botol plastik, tidak ada yang masuk ke TPA Burangkeng, itu lumayan bisa mengurangi beban kita dalam pengelolaan sampah," ujarnya. 

Dani menyebutkan, pabrik daur ulang botol plastik yang baru diresmikan itu, sudah terkoneksi dengan 300 bank sampah, dimana 50 diantaranya sudah mampu menyuplai botol-botol plastik. 

"Nah, ini yang harus kita tingkatkan, supaya lebih banyak bank sampah yang terkoneksi ke sini, sehingga daya serap untuk sampah plastik, khususnya botol ini, bisa lebih besar dan tidak ada yang masuk ke TPA," terangnya. 

Dani mengungkapkan, pendekatan bisnis seperti pabrik daur ulang botol plastik, tingkat keberlanjutannya tinggi dan bisa menghasilkan keuntungan.

"Pabriknya akan terus berkembang dan sampah kita sedikit demi sedikit akan terus terkurangi," katanya. 

Terkait penyerapan tenaga kerja lokal, Pj Bupati Dani Ramdan mengatakan, pihaknya akan meminta kepada manajemen PT. Amandina Bumi Nusantara agar perekrutan tenaga kerjanya dari warga Kabupaten Bekasi. 

"Ya, ada dua sisi positif dari industri, yaitu membuka lapangan kerja baru dan yang kedua tentu harus berdampak positif terhadap lingkungan, nanti saya akan mintakan ke manajemen agar tenaga kerjanya dari Kabupaten Bekasi," ucapnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, masalah plastik merupakan masalah dunia yang harus ditangani dengan baik.

"Plastik itu berbahaya tapi dibutuhkan. Masalah sampah plastik, masalah dunia, harus ditangani dengan baik, pemerintah berkomitmen mengurangi sampah laut sebesar 75 persen pada 2025 dalam upaya mengatasi persoalan polusi plastik dan negara kita Indonesia menjadi salah satu negara paling maju dalam penanganannya," kata Luhut. 

Luhut juga mengapresiasi jalinan kerja sama antara dua perusahaan produksi plastik itu dalam mempromosikan sistem closed-loop yang dinilai mampu memacu pertumbuhan ekonomi sirkular sekaligus membantu mengatasi masalah lingkungan hidup.

"Saya berharap PT. Amandina Bumi Nusantara, memainkan peran mengatasi masalah sampah sekaligus memberi manfaat lingkungan dan sosial melalui sistem closed-loop," ungkapnya.

Pabrik daur ulang botol plastik Amandina Bumi Nusantara yang memiliki luas 20.000 meter persegi itu, saat ini mampu memproduksi 25.000 ton rPET per tahun, yang berkontribusi nyata mengatasi persoalan sampah plastik di Indonesia.

Reporter : Soni Suganda

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Tunaikan Ibadah Haji, Dani Ramdan Doakan Kabupaten Bekasi Saat Wukuf di Arafah
PEMERINTAHAN   Jun 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna Serahkan Hewan Qurban di Ponpes At-Taqwa Babelan
PEMERINTAHAN   Jun 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Edukasi Cegah Stunting, Camat Serang Baru Apresiasi Program Kampus Bakti dari Universitas Paramadina
PEMERINTAHAN   Jun 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik