Kamis, 08 Desember 2022

Perbaikan Infrastruktur Wilayah, Jadi Fokus Program TMMD Ke-115 di Pebayuran

PEMERINTAHAN   Oct 11, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 298 Kali


id5888_Compress_20221011_225123_3334.jpg
Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi (kanan) bersama Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan (kiri) menghadiri Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Pebayuran, pada Selasa (11/10/2022).

PEBAYURAN - Desa Kertajaya Kecamatan Pebayuran menjadi lokasi pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-115, yang mengusung tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI". 

Program terpadu dari TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat ini akan melakukan pengecoran jalan sepanjang 1.000 meter dari Kampung Teluk Haur sampai Kampung Kobak Pasir, Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, menyampaikan, bahwa kampung tersebut terpilih menjadi kegiatan pelaksanaan TMMD, berkat usulan dari masyarakat Pebayuran, dimana kampung tersebut masih belum terhubung dengan jalan antar kecamatan dan desa lainnya. 

"Tentunya ini juga sudah melewati beberapa kajian ataupun penelitian dari TNI, juga pertimbangan dan usulan dari masyarakat," jelas Dedy Supriyadi, usai memimpin upacara sekaligus membuka kegiatan tersebut yang digelar di Lapangan Bola Granat Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Selasa (11/10). 

Dedy menambahkan, pelaksanaan pembangunan jalan tersebut juga sudah diawali dengan adanya pra-TMMD, yang bertujuan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana tepat waktu karena dikhawatirkan pekerjaan dapat terhambat apabila ada perubahan cuaca pada pelaksanaan. 

"Saya berharap, dengan pembangunan jalan tersebut dapat menumbuhkan aspek ekonomi masyarakat dan membantu mobilitas, maupun juga ekonomi jalur distribusi pangan dan lain sebagainya," ucapnya.

Selain kegiatan fisik, pada TMMD tahun ini juga dilaksanakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan hukum, kesadaran bela negara, dan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba. Serta, bakti sosial berupa pengobatan gratis, pelayanan SIM keliling, pembagian kacamata gratis, dan pengerjaan kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah serah terima proyek fisik, penyerahan bibit tanaman dari Dinas Pertanian kepada Kelompok Tani Berkah Jaya, serta penyerahan sembako secara simbolis. 

Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan menambahkan, kegiatan TMMD bersifat lintas sektoral, terpadu melibatkan semua komponen bangsa, dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas Pertahanan Negara dalam program Bakti TNI.

Tujuan TMMD, lanjutnya, adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang dirasa perlu dalam hal pembangunannya. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memanfaatkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh.

“TNI Manunggal Membangun Desa merupakan bagian dari program Operasi Bakti TNI diselenggarakan oleh TNI dengan memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat. Serta pemilihan objek kegiatan yang dirasakan bermanfaat bagi masyarakat di daerah. Sehingga terwujud kesejahteraan dan ketahanan wilayah,” kata Horison.

Reporter : Nur Rachman Akbarr

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Dani Ramdan Sambut Baik Hadirnya Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bangga! Kecamatan Cibitung Bawa Kabupaten Bekasi Raih Juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Dec 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Tindak Pidana Korupsi, Pemkab Bekasi Optimalkan Penerapan Satuan Pengawasan Internal
PEMERINTAHAN   Dec 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Sinergitas, Pemkab Bekasi Gelar Silaturahmi Ulama dan Umaro
PEMERINTAHAN   Dec 7, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Harapkan Industri Manufaktur Mampu Serap Produk Lokal
PEMERINTAHAN   Dec 7, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik