Sabtu, 03 Desember 2022

Pemkab Gelar FGD dan Konsultasi Publik Tahap 1 Penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Bekasi

PEMERINTAHAN   Jul 22, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 478 Kali


id5247_Compress_20220722_132634_4877.jpg
Foto : Prokopim Pemkab Bekasi

CIKARANG SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Konsultasi Publik Tahap I Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bekasi. Sekretaris Daerah, Dedy Supriyadi, menghadiri sekaligus membuka kegiatan tersebut, bertempat di Hotel Zuri Express Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Kamis (21/7).

Sekda Dedy mengatakan bahwa saat ini kebijakan pembangunan di Kabupaten Bekasi masih menggunakan peraturan RTRW tahun 2021-2031. Karena banyaknya perubahan lingkungan strategis, perubahan daya dukung dan daya tampung ruang, serta dengan adanya penyesuaian RTRW yang dimiliki pemerintah pusat dan provinsi, maka Pemkab Bekasi perlu melakukan revisi atau pembaruan pada RTRW tersebut.

"Tadi sudah dipaparkan dari tim konsultan alasan kenapa sudah harus revisi, dengan segala perubahan daya dukung dan daya tampung ruang, serta ada kesesuaian RTRW dari provinsi dan pusat dikarenakan adanya proyek-proyek strategis nasional yang harus diakomodir," katanya.

Ia melanjutkan bersamaan dengan kegiatan ini, Pemkab Bekasi juga sedang melaksanakan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis yang akan menjadi landasan dalam penyusunan revisi RTRW Kabupaten Bekasi.

"Paralel dengan kegiatan ini juga sedang dilakukan penyusunan kajian lingkungan hidup yang akan menjadi landasan kita dalam menyusun revisinya," ujarnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan kegiatan ini secara khusus menghadirkan seluruh stakeholder dari unsur kecamatan, desa, konsultan, serta pengelola kawasan untuk menghimpun saran dan masukan terkait isu strategis, sehingga RTRW yang akan disahkan dapat lebih baik lagi.

"Semua stakeholder yang terlibat diundang, baik dari unsur kecamatan, desa, kawasan, dan didampingi konsultan berpengalaman dari ITB yang nantinya akan diminta memberikan masukan serta usulan pada revisi RTRW ini," lanjutnya.

Ia berharap dengan dilakukannya penyusunan revisi RTRW Kabupaten Bekasi tersebut, seluruh isu prioritas pembangunan bisa diidentifikasi sehingga Pemkab Bekasi dapat mewujudkan RTRW yang harmonis dengan memperhatikan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

"Revisi RTRW ini diharapkan dapat menjawab seluruh isu prioritas yang telah teridentifikasi sehingga menghasilkan kegiatan yang selaras dan terwujudnya RTRW yang harmonis," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN. Holik Qodratullah, Plt. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Beni Saputra, unsur Kecamatan, Desa/Kelurahan, pihak pengelola kawasan, serta konsultan publik yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB). (Prokopim Pemkab Bekasi).

 

Berita Lainnya

BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kodim 0509 bersama TNI/Polri dan Perangkat Daerah Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Proses Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional Masuk Tiga Besar
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BRIN dan Balitbangda Observasi Padi Merah Lokal Khas Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik