Selasa, 07 Februari 2023

Pemkab Bekasi Siapkan Bantuan Warga Terdampak Banjir Rob di Muaragembong dan Tarumajaya

PEMERINTAHAN   Dec 25, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 588 Kali


id6411_Compress_20221226_054725_5985.jpg
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin bersama Camat Muaragembong Lukman Hakim, saat menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir rob di Kecamatan Muaragembong, pada Minggu (27/11).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Endin Samsudin mengatakan, pendataan saat ini sedang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan warga yang terdampak banjir rob di Kecamatan Muaragembong dan Tarumajaya. 

CIKARANG PUSAT –  Pasang air laut kembali menyebabkan banjir rob di Kabupaten Bekasi, pada Minggu (25/12/2022). Lokasi terdampak genangan air pun meluas menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Muaragembong dan Kecamatan Tarumajaya. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi Endin Samsudin mengatakan, pendataan saat ini sedang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan warga yang terdampak banjir rob di dua wilayah utara Kabupaten Bekasi itu. 

“Saat ini, sudah saya konfirmasi Camat Muara Gembong dan Camat Tarumajaya. Tim dari kecamatan saat ini masih melakukan pendataan tiap desa yang terdampak banjir rob,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (25/12). 

Endin menjelaskan, Dinas Sosial menyiapkan tiga skema bantuan untuk warga terdampak banjir rob di Muaragembong dan Tarumajaya. 

Untuk kondisi darurat, pihaknya akan memberikan nasi kotak. Kemudian membuat dapur umum dan membagikan sembako. 

“Ketika darurat dan tidak bisa membuat dapur umum, kita akan bagikan nasi kotak dulu. Tapi kalau memungkinkan, kita akan dirikan dapur umum. Dan yang ketiga pembagian sembako. Dari tiga kategori ini, mana yang masyarakat butuhkan, itu yang akan kita distribusikan,” bebernya. 

Lebih lanjut, Endin meminta agar setiap tim yang ada di wilayah yang terdampak banjir rob, untuk bersama dan memperkuat koordinasi. 

“Kepada rekan kami, Tagana yang bertugas di lapangan, untuk saling memonitor, karena dengan itu akan memudahkan dalam asesmen,” ujarnya. 

Endin menyebutkan, banjir rob sebenarnya sudah biasa terjadi. Namun sebelumnya banjir rob hanya melanda wilayah Kecamatan Muaragembong yang menyebabkan 1800 KK terdampak. 

“Untuk banjir rob di Muaragembong beberapa waktu lalu, Pemkab Bekasi sudah menyalurkan bantuan sebanyak 300 paket. Di dalamnya ada beras, sarden, mie instan, air mineral dan lainnya,” ujarnya. 

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Desa Sukadami Tetapkan 50 Orang Penerima BLT Dana Desa
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Desa Sindangmulya Data Warga Kurang Mampu
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Tekankan ASN Tangani Kemiskinan Ekstrem dan Pengangguran
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Asda 1 : Produksi Padi Kabupaten Bekasi Terbesar Ke-7 di Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Feb 5, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Kemajuan Desa, Pj. Bupati Bekasi Berikan Arahan Khusus Terkait Program Prioritas
PEMERINTAHAN   Feb 5, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik