Sabtu, 26 November 2022

Pemkab Bekasi Optimis Raih Gelar Juara Posyandu Tingkat Jawa Barat

PEMERINTAHAN   Nov 9, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 159 Kali


id6107_Compress_20221109_164424_4080.jpg
Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi mendampingi Tim Recheking Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Posyandu Sari Mawar 2, Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung, Rabu (09/11/22).

CIBITUNG – Pemerintah Kabupaten Bekasi bertekad untuk mengunci gelar juara pertama dalam ajang Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022, yang diwakili oleh Posyandu Sari Mawar 2 RW 08, Perumahan Taman Wanasari Indah, Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi yang mewakili Pj Bupati Bekasi mengatakan, Pemkab Bekasi optimistis Posyandu Sari Mawar 2 dapat keluar sebagai juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jabar, karena memiliki banyak inovasi dan saat ini masuk 6 besar terbaik se-Jawa Barat.

 “Kita optimis sekali karena Posyandu Sari Mawar 2 ini memiliki begitu banyak inovasi, ada sekitar 33 inovasi yang berjalan di posyandu ini yang tentunya program inovasinya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Antusias dan gotong royongnya juga sangat terlihat membantu program pemerintah daerah,” ucap Dedy, saat mendampingi Tim Richecking Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (09/11/22).

Dedy menjelaskan, Posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan yang menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam peningkatan kesehatan khususnya ibu dan anak, senantiasa diharapkan dapat terus berkembang dan berperan sesuai dengan tuntutan permasalahan dan pelayanan di masyarakat.

“Posyandu Sari Mawar 2 yang sudah berstrata mandiri ini akan menjadi modal kita untuk dapat memenuhi kriteria juara sesuai dengan apa yang menjadi poin-poin dalam penilaian richeking ini. Bisa kita lihat bahwa dukungan sarana dan prasarananya sudah sangat baik dan semua ini merupakan hasil swadaya masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Lisa Avianty selaku Kepala Tim Recheking Lomba Posyandu Tingkat Provinsi menjelaskan, recheking yang dilakukan pada tahap kedua setelah seleksi administrasi ini merupakan klarifikasi lapangan.

Lisa menambahkan bahwa tujuan yang diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui lomba posyandu ini adalah tertib administrasi, standarisasi program dan inovasi dari posyandu juara kepada kota dan kabupaten lainnya.

“Sebanyak 6 besar posyandu sudah terpilih, termasuk Kabupaten Bekasi, penilaiannya meliputi kelembagan pokjanal, aktivitas pokjanal baik dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat kelurahan atau desa. Kemudia kita ingin tahu kinerja apa saja yang dilakukan oleh posyandu yang menjadi calon dari Kabupaten Bekasi terkait inovasi apa saja yang telah dijalankan,” kata Lisa.

Lurah Wanasari, Sarkum menambahkan, persiapan yang telah dilakukan oleh kader PKK kecamatan dan kelurahan dalam menghadapi lomba ini sudah sangat maksimal. Termasuk kesiapan pengurus posyandu yang dibantu oleh unsur RW dan masyarakat. 

“Dengan semangat Bersama Kita Bisa (Berkisa), kami yakin Posyandu Sari Mawar 2 akan keluar sebagai juara pertama lomba posyandu tingkat provinsi. Tidak hanya program, tapi juga implementasi peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Kelurahan Wanasari dapat dibuktikan dengan segudang prestasi dari tingkat daerah, provinsi hingga nasional,” tutupnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Instruksikan BPBD Kabupaten Bekasi Tangani Maksimal Banjir Rob Muaragembong
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Di HUT Korpri Ke-51, Pj Bupati Bekasi Berharap Budayakan Jalan Sehat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat se-Kabupaten Bekasi Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disnaker Dorong LPK Berikan Pelatihan dengan Kebutuhan Industri Terkini
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik