Rabu, 01 Desember 2021

Pemkab Bekasi Optimalkan Peningkatan Nilai SAKIP dan Reformasi Birokrasi

PEMERINTAHAN   Sep 16, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.399 Kali


97IMG_20210916_011437.jpg


CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya mencapai peningkatan nilai pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, target peningkatan nilai khususnya pada Reformasi Birokrasi. Sedangkan untuk SAKIP masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dan prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Tapi kita tetap optimistis, meskipun memang tidak mudah, tapi tidak mustahil, kita akan mendapatkan peningkatan nilai dari evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP ini," kata Dani Ramdan usai mengikuti penilaian capaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi secara virtual oleh KemenPAN-RB di Command Center Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat pada Rabu (15/9/2021).

Pj Bupati Bekasi mengatakan, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penilaian SAKIP, diantaranya pembentukan budaya kerja yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

"Seperti dari sistem pengukuran kinerja yang sudah terintergrasi dengan reward dan punishment. Selain itu, hal yang belum cukup familiar adalah pelaporan gratifikasi dimana belum semua pegawai melaksanakan," terangnya.

Selanjutnya terkait benturan kepentingan, dimana setiap pegawai harus bisa menjelaskan bahwa dalam setiap kegiatannya tidak ada benturan kepentingan dengan urusan keluarga dan yang lainnya.

"Karena aparat birokrasi itu tidak bekerja di ruang hampa. Dia berinteraksi dengan lingkungan sosial, politik, ekonomi," ucapnya.

Untuk meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, Pemkab Bekasi sedang merumuskan langkah-langkah, diantaranya dengan belajar dari kabupaten kota lain, dan juga kementerian dan lembaga yang sudah berhasil menerapkannya.

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Camat Sukatani : Maulid Nabi Momentum untuk Memperbaiki Diri dan Teladani Sifat Rasulullah
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Mengambil Sumpah/Janji 464 PNS di Lingkungan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan
PEMERINTAHAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik